SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Passing, Dribbling,Dan Shooting Bolabasket Menggunakan Multimedia Berbasis Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang

Syaiful Rahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman, Syaiful. 2014. Pengembangan Pembelajaran Passing, Dribbling,Dan Shooting Bolabasket Menggunakan Multimedia Berbasis Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2) dr. Agung Kurniawan, M.Kes.

 

Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, pembelajaran, passing,dribbling,dan shooting bolabasket, multimedia

Bolabasket merupakan olahraga beregu dimana terdapat 2 tim saling berhadapan masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain inti dan 5-7 orang cadangan. Permainan bolabasket memiliki banyak teknik, diantaranyadribbling (menggiring), passing (mengumpan), shooting (menembak), pivot (berporos), dan lain-lain. Untuk benar-benar memahami teknik dasar bolabasket yang baik, guru harus memiliki cara agar siswa menjadi mudah memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran menentukan proses pembelajaran yang berlangsung. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan menggunakan kuisioner, sebanyak 71,43% siswa memilih multimedia interaktif sebagai media yang diminati.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran passing,dribbling,dan shooting bolabasket menggunakan multimedia interaktif yang diharapkan mampu menarik dan meningkatkan minat belajar siswa.

Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan research and development Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Prosedur penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian awal, observasi, dan penyebaran kuisioner, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Produk kemudian dievaluasi oleh para ahli, yang terdiri dari1 ahli pembelajaran penjas, 1 ahli bolabasket, dan 1 ahli media, (4) Uji coba produk awal (kelompok kecil) sebanyak 12 siswa, (5) Revisi produk awal sesuai uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) sebanyak 58 siswa, dan (7) Revisi produk akhir sesuai dengan uji kelompok besar.

Berdasarkan pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk kuisioner didapat hasil sebagai berikut: (1) Hasil evaluasi ahli pembelajaran penjas, ahli bolabasket, dan ahli media memperoleh prosentase sebesar 100% sehingga dinyatakan baik dan layak untuk digunakan, (2) Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh prosentase sebesar 79,30% dinyatakan cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil, (3) Hasil uji coba kelompok besar memperoleh prosentase sebesar 79,88% dinyatakan cukup valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil.

Hasil produk pengembangan pembelajaran berupa multimedia flash ini berisikan tentang materi teknik dasar bolabasket yang terdiri dari teknik passing,dribbling, dan shooting bolabasket. Produk yang dikembangkan dalam bentuk software berbasis komputer ini diharapkan lebih mudah dipelajari dan menarik minat siswa pada saat pembelajaran pendidikan jasmani.