SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan “Umpan dan Pindah” untuk Pemanasan Latihan Futsal pada Tim Futsal Payung Pusaka di Pare Kabupaten Kediri

Bayu Tri Kuncoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Kuncoro, Tri, Bayu. 2014. Pengembangan Permainan “Umpan dan Pindah” untuk Pemanasan Latihan Futsal pada Tim Futsal Payung Pusaka di Pare Kabupaten Kediri . Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto., M.Kes, (2) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Permainan “Umpan dan Pindah” untuk Pemanasan

Proses latihan futsal pada tim futsal Payung Pusaka di Pare Kabupaten Kediri kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan karena minat dan keaktifan pemain yang kurang dalam mempraktikkan materi futsal khususnya umpan dan pindah. Pada penelitian awal peneliti melakukan wawancara dengan pelatih tim futsal Payung Pusaka di Pare Kabupaten Kediri yaitu, Yoan Achmad Ghozali, S.Pd. Selanjutnya, peneliti melakukan analisis kebutuhan dalam bentuk angket kepada 36 pemain yang telah diberikan pada hari Jum’at, 25 Oktober 2013. Dari analisis kebutuhan diperoleh hasil, 92% pemain menyatakan akan lebih bersemangat dan setuju apabila diberikan pengembangan permainan umpan dan pindah untuk pemanasan latihan futsal.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan permainan “Umpan dan Pindah” untuk pemanasan latihan futsal, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi latihan dan keaktifan pemain dalam mempraktikkan berbagai variasi dan kombinasi materi latihan futsal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan “Umpan dan Pindah” untuk pemanasan latihan futsal, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi latihan dan keaktifan pemain dalam mempraktikkan berbagai variasi dan kombinasi materi latihan futsal khususnya umpan dan pindah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Terdapat 5 spesifikasi permainan “Umpan dan Pindah”, yaitu permainan American Football, Umpan 4 Bidang, Segitiga Gerak, Passing Support, Umpan dan Pindah dengan cone, yang dikemas dalam bentuk buku panduan. Berdasarkan uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 6 pemain, diperoleh persentase dengan rata-rata 81,69%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 30 pemain, diperoleh persentase dengan rata-rata 91,56%. Sehungga, model permainan “Umpan dan Pindah” ini, memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada pemanasan latihan futsal di Payung Pusaka Futsal.

Dalam proses latihan tersebut pelatih harus menyesuaikan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh tim supaya permainan ini dapat dimainkan sebagai mana mestinya sehingga dalam permainan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan antusias dan keaktifan pemain sehingga apa yang menjadi tujuan dari latihan dapat tercapai.