SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL-MODEL LATIHAN FOREHAND TENIS LAPANGAN UNTUK ATLET JUNIOR DALAM BENTUK VIDEO DI KLUB KULITAN KABUPATEN BONDOWOSO

Rio Listanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Listanto, Rio. 2014. Pengembangan Model-model Latihan Forehand Tenis Lapangan untuk Atlet Junior di Klub Kulitan Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd. (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, model-model latihan, teknik dasar, pukulan forehand, tenis lapangan

Pukulan forehand merupakan salah satu teknik dasar dalam tenis lapangan. Di Klub Kulitan Kabupaten Bondowoso belum pernah ada materi tentang model-model latihan pukulan forehand dalam bentuk mini tenis, pukulan forehand dengan target, six aggresive forehand, dan running forehand yang bervariasi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan terhadap 19 atlet junior, Didapat data dari 19 atlet (89,47%) menyatakan jenuh saat melakukan latihan forehand, sebanyak 19 atlet (100%) menyatakan setuju diberikan model-model latihan forehand, sebanyak 16 atlet (84,2%) menyatakan pengembangan model-model latihan forehand lebih setuju menggunakan VCD. Kemudian sisanya 3 atlet (15,8%) menyatakan pengembangan model-model latihan forehand setuju menggunakan buku bergambar. untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti mencoba memecahkan masalah dengan mengembangkan model-model latihan pukulan forehand bagi atlet junior di Klub Kulitan Kabupaten Bondowoso.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat model latihan untuk pukulan forehand tenis lapangan, agar atlet menjadi semakin termotivasi untuk mengikuti latihan.

Dalam penelitian ini, peneliti mengacu model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) dan disederhanakan menjadi 7 langkah sesuai dengan saran Ardhana (2002:9), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase.

Model latihan ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, yaitu 1 ahli tenis lapangan dan 1 ahli media. Ahli tenis lapangan serta ahli media menyatakan produk pengembangan ini layak dan menarik untuk diberikan kepada atlet junior di Klub Kulitan Kabupaten Bondowoso. Rata-rata hasil uji coba kelompok kecil adalah 86,77% bahwa produk sangat valid dan dapat diujicobakan pada uji coba kelompok besar. Sedangkan rata-rata hasil uji coba kelompok besar adalah 91,03% bahwa produk sangat valid, sangat jelas, mudah dipahami, dan bermanfaat. Sehingga model-model latihan forehand tenis lapangan untuk atlet junior dalam bentuk video di Klub Kulitan Kabupaten Bondowoso dapat digunakan.

Dari hasil tersebut diharapkan pengembangan model-model latihan pukulan forehand tenis lapangan dalam bentuk video ini bisa menjadi alternatif pelatihan agar proses latihan lebih bervariasi dan berjalan dengan optimal.