SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PUKULAN FOREHAND LOB OVERHEAD DAN UNDERHAND BULUTANGKIS BAGI ATLET USIA PEMULA DI PB NASIONAL CITY MALANG

Akhmad Sunda Rufiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rufiansyah,Akhmad Sunda. 2014.Pengembangan Model-model Latihan Pukulan Forehand Lob Overhead dan Underhand Bulutangkis Bagi Atlet Usia Pemula di PB Nasional City Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, model-model latihan, pukulan forehandloboverhead dan underhand, bulutangkis

Pukulan forehandloboverhead dan underhand merupakan salah satu teknik dasar dalam bulutangkis. Di PB Nasional City Malangbelum pernah ada materi tentang model-model latihan pukulan forehandloboverhead dan underhand yang bervariasi.Berdasarkan observasi awal yang dilakukan terhadap 24 atlet pemula, sebanyak 17 orang (70,8 %) mengalami kesulitan dalam melakukan pukulan tersebut, dan dari penyebaran angket analisis kebutuhan, didapat 20 atlet (83,3 %) menyatakan perlu adanya pengembangan model-model latihan pukulan forehandloboverhead dan underhand, untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti mencoba memecahkan masalah dengan mengembangkan model-model latihan pukulan forehandloboverhead dan underhand bagi atlet usia pemula di PB Nasional City Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat model latihan untuk pukulan forehand lob overhead dan underhand bulutangkis. Metode yang dilakukan peneliti adalah dengan membuat model-model latihan pukulan forehandloboverhead dan underhand yang selanjutnya akan dikemas dalam bentuk buku dan diaplikasikan terhadap atlet usia pemula di PB Nasional City Malang.

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode pengembangan, dan peneliti merujuk kepada model pengembangan dari Borg dan Gall (1983:775)namun peneliti menyederhanakan model tersebut menjadi 7 langkah sesuai dari Ardhana (2002:9), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan Analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan.Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 atlet usia pemula, Instrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatifdengan cara mengumpulkan semua saran dari para ahli, kemudian dikelompokkan atau dikategorikan, selanjutnya diambil kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus  yang kemudian hasilnya akan dirujuk pada analisis persentase tingkat kelayakan produk.

Dari hasil uji coba kelompok kecil adalah 84,4% menyatakan bahwa produk mudah untuk dilakukan, produk sangat menarik dan atlet sangat membutuhkan dan hasil uji coba kelompok besar adalah 75,2% menyatakan bahwa produk sangat jelas, mudah dipahami, sangat menarik, sangat bermanfaat dan atlet sangat membutuhkan model-model latihan pukulan forehand lob overhead dan underhand.