SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VARIASI SERANGAN BOLAVOLI UNTUK SISWA PUTRA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Syamsul Arifin

Abstrak


ABSTRAK

 

Arifin, Syamsul. 2014. Pengembangan Variasi Serangan Bolavoli Untuk Siswa Putra Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd (II) Dr. Asim, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan, variasi serangan, bolavoli.

Bolavoli merupakan salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu, dimana setiap regu terdiri dari enam orang. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan teknik service, passing, smash, blocking dan cover. Setiap regu hanya mempunyai kesempatan 3 kali sentuhan saja, kecuali block yang tidak termasuk hitungan. Berdasarkan hasil observasi selama latihan dan pertandingan, variasi serangan yang dilakukan oleh SMAN 1 Paiton sangat kurang sekali. Pelatih belum pernah mengajarkan variasi serangan bolavoli dalam latihan yang dilakukan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan variasi serangan bolavoli, sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk berlatih dan menjadi tambahan variasi serangan bolavoli untuk siswa putra sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa variasi serangan yang dilakukan sangat kurang sekali, siswa belum pernah diajarkan materi variasi serangan bolavoli, siswa dan pelatih setuju untuk dikembangkan variasi serangan bolavoli. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil hasil kualifikasi persentasenya adalah valid, sedangkan uji coba kelompok besar hasil kualifikasi persentasenya adalah valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi serangan tersebut dapat diterapkan untuk siswa putra Sekolah Menengah Atas

Hasil produk pengembangan variasi serangan bolavoli untuk siswa putra Sekolah Menengah Atas antara lain: (1) variasi serangan bolavoli dalam buku panduan sesuai dengan kebutuhan siswa putra Sekolah Menengah Atas, (2) tampilan variasi serangan bolavoli dalam buku tersebut dibuat dengan gambar yang berwarna dan terdapat keterangan yang menjelaskan proses variasi serangan mulai dari posisi siap receive sampai saat smash.