SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MACAM-MACAM PERMAINAN KOMBINASI GERAK DASAR JALAN, LARI DAN LOMPAT KELAS III DI SDN MOJOLANGU 4 MALANG

merlita rara dian pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertiwi, Merlita Rara Dian. 2014. Pengembangan Macam-macam Permainan Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari dan Lompat Kelas III di SDN Mojolangu 4 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd

Kata Kunci: permainan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat

Berdasarkan pengisian angket pada guru pendidikan jasmani dan siswa SDN Mojolangu 4 Malang pada tanggal 31 Oktober 2013, pembelajaran gerak dasar selalu diberikan  setiap tahunnya tetapi respon siswa terhadap materi ini kurang. Penyebaran angket terhadap 30 siswa, diperoleh hasil 26 siswa menjawab senang dengan olahraga permainan. Guru menyatakan bahwa pernah memberikan permainan seperti lari zigzag, lari bolak-balik, melompati gawang, melompati holahop tetapi tidak pernah mengkombinasikannya.

Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanmacam-macam permainan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat pada siswa kelas III di SDN Mojolangu 4 Malang. Penelitian yang dilaksanakandi SDN Mojolangu 4 Malanginitermasukpenelitiandanpengembangan (research and development). Dalampenelitianpengembanganiniteknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisisdeskriptifdenganpersentase. Teknikinidigunakanuntukmenganalisis data yang diperolehdarihasilpenyebaranangket.

Spesifikasi produk pengembangan macam-macam permainan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat kelas IIIini adalah permainan terdiri dari 4 kelompok kombinasi yaitu kombinasi jalan dan lari, kombinasi jalan dan lompat, kombinasi lari dan lompat, kombinasi jalan, lari dan lompat, jumlah keseluruhan permainan ada 15 permainan kombinasi. Peralatan yang digunakan yaitu cone, karet gelang, kardus, bola plastik dan balon. Selain itu, untuk memenuhi SKKD kelas III semester II, produk pengembangan dikemas dalam buku panduan.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase 89,25% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 94,42%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan macam-macam kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat untuk siswa kelas III di SDN Mojolangu 4 Malang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pendidikan jasmani kelas III khususnya gerak dasar siswa.

Produk yang dikembangkan adalah macam-macam yang permainan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat pada siswa kelas III di SDN Mojolangu 4 Malang. Diharapkan produk hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada subjek yang luas dan dapat digunakan oleh semua sekolah dasar di Indonesia. Selain itu, diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk menguji tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan.