SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Gerak Lengan pada Renang Gaya Bebas dengan Menggunakan Alat Bantu Spon di Club Oscar Kabupaten Malang

Kendesu Ramadhian

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhian, Kendesu. 2014. Pengembangan Latihan Gerak Lengan pada Renang Gaya Bebas dengan Menggunakan Alat Bantu Spon di Club Oscar Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S  (II) Febrita P. Heynoek, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci: Pengembangan,Latihan gerak Lengan, Renang gaya Bebas,  Spon

Latihan gerak lengan pada renang gaya bebas ternyata sangat besar peranannya, yaitu 70% sedangkan gerakan kaki hanya 30% untuk mendukung gerakan luncuran saat berenang gaya bebas. Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, atlet pemula selama ini masih mengalami kesulitan dalam penggunaan alat bantu yang ada seperti pelampung dan fullboy dalam melatih gerakan lengan, terkait permasalahan tersebut maka perlu adanya produk pengembangan latihan gerak lengan dengan alat bantu yang lebih mudah, nyaman dan aman bagi atlet pemula.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan teknik dasar berenang gaya bebas pada atlet pemula dengan menggunakan alat bantu spon, khususnya pada latihan gerak lengan. Hasil  yang diharapkan dari latihan gerak lengan pada renang gaya bebas dengan alat bantu spon ini latihan menjadi lebih mudah dan menyenangkan sehingga hasil yang didapatkan menjadi lebih baik.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah desain pengembangan. Evaluasi latihan dilakukan oleh ahli renang, kepelatihan dan dan media. Sedangkan subjek uji coba pemakaian dilakukan uji kelompok kecil, kelompok besar untuk mengetahui    Instrumen pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif berupa presentase yang digunakan untuk menganilisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Produk pengembangan yang dihasilkan berupa  latihan dengan menggunakan alat bantu yang terbuat dari spon yang memiliki bentuk segitiga sama kaki. Kelebihannya adalah : (1) bentuk alat yang unik membuat atlet pemula menjadi lebih tertarik dan ingin mencoba, (2)   Memudahkan anak untuk berlatih menguasai teknik gerakan lengan, (3) hambatan yang dihasilkan menjadi lebih kecil sehingga memudahkan atlet pemula untuk menguasai setiap teknik gerak lengan.(4) atlet pemula lebih nyaman, (5) melatih posisi tangan push off,  sehingga lebih baik dalam koordinasi gerak lengan.

Saran yang disampaikan meliputi 1) Pemanfaatan produk latihan produk yang dikembangkan ini adalah latihan gerak lengan pada renang gaya bebas dengan menggunakan alat bantu spon. 2) Sebelum disebarluaskan sebaiknya produk dievaluasi  dan disosialisaikan pada pihak terkait.  3) Pengembangan lebih lanjut bisa digunakan pada subjek yang lebih banyak.