SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Latihan Teknik Serangan Bawah Menggunakan Maedia VCD

Purwaning tyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwaningtyas. 2014. Pengembangan  Latihan Teknik Serangan

Bawah Mengunakan Media VCD. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(1) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (2) Kurniati Rahayuni, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci:Pengembangan, Latihan, Teknik serangan bawah, Pencak silat.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 10 Kota Malang, diperoleh data bahwa peserta ekstrakurikuler pencak hanya 20% siswa yang melakukan gerakan serangan bawah dengan benar; latihan serangan bawah dilakukan dengan contoh gerakan oleh pelatih secara global (keseluruhan), selanjutnya siswa ditugasi untuk menirukan; siswa belum pernah berlatih menggunakan media VCD; siswa dan pelatih setuju jika dikembangkan letihan teknik serangan bawah menggunakan VCD. Berdasarkan hasil kuesioner diperoleh data: 1) 90% siswa menyenangi ekstrakurikuler pencak silat;  2) 86,6% siswa yang menyenangi teknik jatuhan; 3) 66,6% siswa belum pernah mendapatkan serangan bawah secara sistematis; 4) 86,6% siswa sulit melakukan teknik serangan bawah; 5) 86,6% variasi latihan teknik jatuhan serangan sangat penting; 7) 96,6% belum pernah melakukan latihan teknik serangan bawah menggunakan media VCD.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan latihan teknik serangan bawah menggunakan media VCD, yang ditampilkan secara sistematis, dengan gerakan diperlambat menarik dan tidak menjenuhkan dalam latihan teknik serangan bawah.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan dari Borg & Gall yang seharusnya teridi dari 10 langkah, akan tetapi karena langkah tersebut menurut Ardhana bukan merupakan langkah yang kaku dan uji coba penelitian ini hanya dilakukan di satu sekolah dengan subyek berjumlah 30 orang, maka dalam penelitian ini hanya digunakan 7 langkah, yang terdiri dari: 1) Pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 10 Kota Malang, (2) Perencanaan pengembangan produk dan Pengembangan rancangan produk, (3) Evaluasi Ahli yang terdiri dari 1 ahli media dan 2 ahli pencak silat, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 10 subjek, (5) Revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) Revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Berdasarkan tinjauan 1 (satu) ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan bagus, beberapa hal yang bisa dioptimalkan lagi berkaitan dengan audio,visual. Ahli silat menyatakan bawah hasil pengembangan variasi latihan teknik jatuhan serangan bawah ini sudah bagus layak digunakan, pemanfaatannya agar dapat digunakan oleh segala umur (semua peserta ekstrakurikuler). Tinjauan ahli pencak silat 2 menyatakan keseluruhan sudah bagus dan layak digunakan. Dari seluruh hasil tinjauan para ahli tersebut, maka dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk uji produk.

Hasil uji coba (kelompok kecil) telah memenuhi kriteria yaitu 81,5% yang tergolong dalam kriteria kualitas produk sangat valid. Dari hasil uji lapangan (kelompok besar) 83,44%. Berdasarkan data yang diperoleh, maka tidak perlu dilakukan revisi pada produk yang telah dikembangkan karena sudah memenuhi kategori valid dengan persentase yaitu antara 75,01%-100,00%, maka dapat digunakan sebagai latihan teknik serangan bawah mengggunakan media VCD.