SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI MINI DENGAN MEDIA BOLA KARET UNTUK SISWA SD KELAS IV DI SD NEGERI GUNUNG GENI I KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO

Dany Yoga Permadi

Abstrak


ABSTRAK

Permadi, Dany Yoga. 2013. Pengembangan Pembelajaran permainan Bolavoli Mini dengan Media Bola Karet. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M,Pd, (II) Usman Wahyudi, S,Pd. M.Pd

Kata Kunci: Pembelajaran permainan, bolavoli mini dan media bola karet.

Pengembangan pembelajaran bolavoli mini dengan media merupakan sarana dan prasarana pembelajaran yang dikembangkan oleh guru agar terciptanya proses pembelajaran yang lebih efektif. Dalam pembelajaran bolavoli di sekolah dasar dikenal dengan bolavoli mini. Media pembelajaran yang digunakan adalah bolavoli mini. Media pembelajaran bolavoli mini bagi peserta didik kelas IV SD masih merasa susah dalam melakukan pembelajaran bolavoli mini dikarenakan bola terlalu berat dan kurangnya rasa percaya diri saat bermain bolavoli mini. Media tersebut belum memberi kemudahan kepada peserta didik dalam mempelajari pembelajaran bolavoli mini. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pembelajaran permainan bolavoli mini dengan media bola karet agar mampu memberi kemudahan kepada peserta didik dalam bermain bolavoli mini.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran bolavoli mini dengan media bola karet untuk siswa kelas IV di SD Negeri Gunung Geni I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Pengembangan pembelajaran bolavoli mini dengan medi bola karet ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi dalam bermain bolavoli mini di sekolah dasar, sehingga untuk selanjutnya mampu bermain bolavoli mini dengan menggunakan bola standart.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah dan dimodifikasi menjadi 7 langkah, oleh karena itu, peneliti hanya dilakukan di satu tempat saja yaitu di SD Negeri Gunung Geni I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Maka peneliti ini mengambil 7 langkah yaitu terdiri dari: (1) penelitian awal, (2) pembuatan rancangan produk, (3) mengembangkan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) penyempurnaan produk akhir.

Hasil pengembangan pembelajaran permainan bolavoli mini dengan media bola karet ini memenuhi kriteria valid untuk ahli pembelajaran bolavoli (92.5%), memenuhi kriteria valid untuk ahli pembuat alat (90%). Ini berarti pengembangan permainan dengan media bola karet dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di SD khususnya kelas IV.

Produk akhir penelitian dan pengembangan ini berupa pembelajaran permainan bolavoli mini dengan media bola karet untuk siswa SD kelas IV di SD Negeri I Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo.