SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Shooting Bolabasket di Ekstrakurikuler Bolabasket SMK Negeri 5 Malang

TIYANITA TIYANITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Tiyanita. 2014. Pengembangan Model Latihan Shooting Bolabasket di Ekstrakurikuler Bolabasket SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.  Oni Bagus Januato M.Kes, (2) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model Latihan Shooting Bolabasket.

 

Shooting adalah usaha untuk memasukkan bola ke ring lawan untuk menghasilkan poin dan merupakan senjata serangan. Semua pemain bolabasket hendaknya memiliki keterampilan yang baik pada teknik ini, begitu juga para pemain yang ada di lingkungan ekstrakurikuler, misalnya di ekstrakurikuler bolabasket di SMKN 5 Malang. Untuk itu pelatihan dan pembinaan pemain harus dilakukan secara baik dan juga memberikan model latihan yang bervariasi agar pemain tidak merasa jenuh dalam melakukan latihan. Pelatihan shooting bolabasket di SMK Negeri 5 Malang cukup baik namun kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan karena minat dan keaktifan pemain yang kurang dalam mempraktikkan materi latihan khususnya latihan shooting. Pada penelitian awal peneliti memberikan angket analisis kebutuhan kepada pelatih ekstrakurikuler SMK Negeri 5 malang dan penyebaran angket analisis kebutuhan kepada pemain. Diketahui bahwa, pemain dan pelatih membutuhkan pengembangan model latihan shooting untuk meningkatkan kemampuan shooting pemain yang nantinya dikemas dalam bentuk buku panduan.

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan model latihan shooting bolabasket, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi berlatih dan keaktifan pemain dalam mempraktikkan latihan shooting.

 Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah pengembangan model latihan shooting yang berisi 5 model latihan yaitu: Two Spots Shoot, Shoot and Rebound, Machine Gun and Shoot, Shoot and move dan Shoot and Underring. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil, diperoleh persentase dengan rata-rata 86,30%. Dari uji coba kelompok besar, diperoleh persentase dengan rata-rata 91,17%. Sehingga, model latihan shooting ini, memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan pada latihan shooting bolabasket di ekstrakurikuler bolabasket SMK Negeri 5 Malang.

Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan pada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu, diharapkan ada penelitian selanjutnya, untuk menyuji tingkat efektifitas dari produk yang dikembangkan.