SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KURIKULUM TEKNIK DASAR BOLAVOLI TINGKAT DASAR DI KLUB BOLAVOLI SURYA KEBON AGUNG KOTA MALANG

Eko Bulan Rochmadhon

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochmadhon, Eko Bulan. 2011. Pengembangan Kurikulum Tekik-teknik Dasar Pemainan Bolavoli untuk Sekolah Bolavoli Tingkat Dasar di Klub Bolavoli Surya Kebon Agung kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Teknik-teknik Dasar Permainan Bolavoli, Kurikulum Bolavoli, Pengembangan Kurikulum Teknik-teknik Dasar Permainan Bolavoli.

 

Kurikulum merupakan bidang yang relatif baru, sebagai bidang yang masih baru maka konsepsi mengenai kurikulum masih beragam. Keragaman ini disebabkan oleh pendekatan, sudut pandang dan landasan berfikir yang dipakai pijakan. Komponen-komponen kurikulum dapat dikatakan sebagai satu kesatuan yang utuh. Komponen kurikulum terdiri dari tujuan, isi, kegiatan belajar dan evaluasi. Dalam tujuan ini mengangkat hal membuat kurikulum teknik-teknik dasar permainan bolavoli pada kelas C atau tingkat dasar dalam bermain bolavoli. Setelah diketahui tujuan tersebut dapat diketahui untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, salah satunya berupa teknik-teknik dasar permainan bolavoli yang berisi: (1) Teknik dasar passing, (2) Teknik dasar servis, (3) Teknik dasar spike, (4) Teknik dasar block. Dengan adanya pembuatan kurikulum untuk sekolah bolavoli berharap masyarakat pada umumnya dan penggemar bolavoli pada khususnya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bermain bolavoli.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada pelatih bolavoli dapat disimpulkan bahwa untuk melatih keterampilan teknik-teknik dasar bermain bolavoli pada peserta didik belum cukup dengan hanya menggunakan buku tentang bolavoli dan panduan kurikulum untuk sekolah bolavoli akan sangat berguna dalam proses kegiatan latihan teknik dasar bermain bolavoli.

Rumusan masalah dalam penelitian ini, belum adanya pengembangan kurikulum tekik-teknik dasar pemainan bolavoli untuk sekolah bolavoli pada tingkat dasar di klub bolavoli Surya Kebon Agung kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah panduan kurikulum teknik dasar permainan bolavoli untuk sekolah bolavoli tingkat dasar di klub bolavoli Surya Kebon Agung kota Malang.

Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1983). Langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut: (1) Riset dan pengumpulan berbagai informasi meliputi hasil analisis kebutuhan, (2) Pengumpulan berbagai informasi meliputi hasil observasi lapangan dan kajian pustaka, (3) Pembuatan dan pengembangan produk dalam bentuk kurikulum teknik-teknik dasar, (4) Persiapan area pengujian dilaksanakan pada klub bolavoli Surya Kebon Agung kota Malang, dengan adanya tinjauan dari ahli kurikulum dan ahli bolavoli untuk uji coba kelompok kecil menggunakan subjek satu pelatih dan dua asisten pelatih dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (5) Revisi produk pertama dilakukan oleh para ahli yaitu ahli kurikulum dan ahli bolavoli, (6) Pengujian kedua dengan menggunakan produk yang telah direvisi dan diuji cobakan kepada klub bolavoli Surya Kebon Agung, Gajayana dan Malang Volley Club (MVC). Uji coba kedua mengunakan subjek dua pelatih dan tiga asisten pelatih dengan dianalisis keseluruhannya, (7) Revisi produk kedua, revisi produk dari hasil uji coba lapangan, (8) Hasil produk akhir kurikulum teknik-teknik dasar permainan bolavoli untuk sekolah bolavoli di klub bolavoli Surya Kebon Agung kota Malang.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk ahli dan pelatih. Dengan kualifikasi 1 orang ahli kurikulum dan 1 orang ahli bolavoli, sedangkan untuk dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 3 orang pelatih dan uji lapangan kelompok besar sebanyak 5 orang pelatih dan 20 orang atlit bolavoli.

Hasil penilaian atau evaluasi kurikulum yaitu sebagai berikut: Dari ahli kurikulum secara keseluruhan menjawab (sudah memuat) dari tiap-tiap komponen kurikulum, dari ahli bolavoli secara keseluruhan menjawab (sudah sesuai) dengan langkah-langkah untuk permainan bolavoli, dari uji coba kelompok kecil secara keseluruhan menjawab (sudah memuat) dari tiap-tiap komponen kurikulum dengan saran dan masukan yang diberikan dan dari uji lapangan secara keseluruhan menjawab (sudah memuat) untuk pelatih dan asisten pelatih, (mudah dipahami) untuk atlit bolavoli. Dari tiap-tiap komponen kurikulum dengan saran dan masukan yang diberikan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan kurikulum teknik-teknik dasar permainan bolavoli untuk sekolah bolavoli tingkat dasar di klub bolavoli Surya Kebon Agung kota Malang ini dapat dilakukan dan digunakan di klub bolavoli Surya Kebon Agung. Produk yang dihasilkan berupa panduan kurikulum teknik-teknik dasar permainan bolavoli untuk sekolah bolavoli tingkat dasar.