SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Gerak Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang

Redy Adian Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Redy Adian. 2013. Peningkatan Keterampilan Gerak Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. , (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Menggantung, Metode Bermain.

 

Kompetensi dasar pada kelas VIII semester II yaitu mempraktikan keterampilan salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri. Pada observasi awal, diperoleh hasil penguasaan keterampilan teknik lompat jauh gaya menggantung siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang, dari keempat teknik dasar yang diamati, tingkat kegagalan pada tekink awalan dengan jumlah persentase awalan 22,2%, tumpuan 33,3%, melayang 69,4%, mendarat 44,4%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan menggunakan permainan untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang dengan menggunakan metode bermain.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada teknik awalan dari 83,33% menjadi 94,44%, tumpuan 75% menjadi 88,89%, melayang 36,11% menjadi 55,56%, mendarat 61,11% menjadi 75%. Siklus 2 pada teknik awalan 100%, tumpuan 97,22% menjadi 100%, melayang 66,67% menjadi 94,44%, mendarat 83,33% menjadi 97,22%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya menggantung siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukodono Lumajang. Selain itu dapat juga meningkatkan sikap dan pengetahuan siswa.

Saran bagi guru Pendidikan Jasmani dapat menggunakan permainan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama, diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani.