SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XI SEMESTER GENAP di SMK MUHAMMADIYAH 3 SINGOSARI

YANDRIKA JUFINDRA.

Abstrak


ABSTRAK

Jufindra, Y. 2013. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas XI Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno. M.Pd, (II) Drs. Setyo Budiwanto. M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaaran, Buku Ajar, Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan proses pendidikan yang dilakukan melalui berbagai kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh peningkatan kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan dan pembentukan watak bagi peserta didik. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa sering kali mengalami kesulitan ketika mempraktikkan gerakan. Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari siswa merasa kesulitan mencari sumber belajar untuk mempermudah mempelajari materi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Oleh karena itu perlunya media pembelajaran yang sederhana, mudah dibawa, dapat dipelajari dimana saja seperti hal nya buku ajar untuk membantu siswa dalam belajar. Maka diperlukan pengembangan buku ajar pendidikan jasmani di sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sumber belajar bagi siswa kelas XI semester genap dan guru pendidikan jasmani pada umumnya dengan materi yang sesuai dengan KTSP sekolah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. (1) pengumpulan informasi,  (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli,(4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, (8) produk dikemas dengan dominan warna hijau.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 12 orang siswa diperoleh persentase 82,35% dan uji coba kelompok besar terhadap 40 orang siswa diperoleh persentase 86,20% , dari hasil persentase uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Kelas XI Semester Genap di SMK Muhammadiyah 3 Singosari layak untuk digunakan.

Hasil produk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani kelas XI semester genap, antara lain: (1) materi dalam buku ajar sesuai dengan KTSP sekolah, (2) tampilan materi dalam buku ajar terdapat gambar-gambar yang menunjukkan proses sehingga memudahkan bagi pembaca dalam memahami materi, (3) setiap bab dalam buku ajar terdapat alat evaluasi berupa soal tes, (4) terdapat rubric penilaian yang dapat memudahkan guru dalam melakukan penilaian, (5) dalam setiap bab terdapat lembar kerja siswa yang isinya merupakan langkah-langkah pembelajaran.