SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pola Latihan Lay up Pada Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 3 Kota Malang.

Syah Rauf Mahendra

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahendra, Syah Rauf. 2013. Pengembangan Pola Latihan Lay up Pada Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 3 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, ekstrakurikuler, bolabasket, latihan, lay up

 

Hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 3 Kota Malang dengan jumlah peserta ekstrakurikuler bolabasket sebanyak 20 siswa, dapat diketahui bahwa bentuk latihan yang dilakukan terutama pada latihan pola lay up sudah pernah diberikan oleh pelatih, tetapi model latihannya masih kurang bervariasi. Dalam observasi tersebut peneliti memperoleh hasil yaitu, (1) Dikemukakan bahwa 19 atau 95% siswa menyukai permainan bolabasket, (2) Dikemukakan bahwa 17 atau 85% siswa bosan apabila program latihan yang diberikan kurang bervariasi, (3) Dikemukakan bahwa 18 atau 90% siswa setuju jika dalam latihan ekstrakurikuler diberikan pengembangan pola latihan bolabasket yang bervariasi, (4) Dikemukakan bahwa 19 atau 95% siswa memilih pola latihan lay up untuk menambah variasi latihan bolabasket di tempat siswa berlatih, (5) Dikemukakan bahwa 20 atau 100% siswa setuju jika dalam latihan ekstrakurikuler diberikan pengembangan pola latihan lay up bolabasket.

Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan pola latihan lay up yang bervariasi yang mengandung unsur aspek menarik, mudah, bermanfat dan menyenangkan pada permainan bolabasket ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Kota Malang. Pengembangan pola latihan lay up bolabasket diharapkan dapat membantu siswa menambah variasi pola latihan lay up dan keterampilan dalam bermain bolabasket.

Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana. Hasil dari analisis data uji coba kelompok kecil pada model pola latihan lay up pada ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Kota Malang dengan jumlah 10 siswa diperoleh persentase 80% tergolong kategori baik dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan (kelompok besar) dengan jumlah 20 peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 3 Kota Malang diperoleh persentase sebesar 95,00% tergolong kategori sangat baik sehingga model pola latihan lay up pada ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Kota Malang dapat digunakan.

Hasil pengembangan berupa pola latihan lay up pada ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 3 Kota Malang. Produk pengembangan ini adalah pola latihan lay up bolabasket, yang yang mengandung unsur menarik, mudah, bermanfaat dan menyenangkan.