SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahunan Cabang Olahraga Pencak Silat Anggota KONI Kota Malang Tahun 2012

Septiyan Wely Anggriawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggriawan, Septiyan Wely. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahunan Cabang Olahraga Pencak Silat Anggota KONI Kota Malang Tahun 2012, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Heru Widijoto, M. S., (2) Drs. Mu’arifin, M. Pd.

 

Kata kunci: Evaluasi, program kerja, Pencak Silat Anggota KONI Kota Malang

 

Semua kegiatan yang dilakukan oleh KONI Kota Malang dalam melakukan pembinaan prestasi atlet perlu menerapkan teori manajemen agar hasil yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal. Teori manajemen tersebut dapat dijadikan pedoman untuk melakukan perencanaan, pelaporan, hingga evaluasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kota Malang padatanggal 28 Agustus 2012, setiap tahun semua cabang olahraga diharuskan membuat program kerja, laporan, dan melakukan evaluasi terhadap keterlaksanaan program kerja. Berdasarkan hasil observasi, sampai saat ini belum pernah diadakan evaluasi oleh KONI Kota Malang terkait program kerja dari masing-masing cabang olahraga yang berada dibawah naungan KONI Kota Malang khususnya IPSI Kota Malang yang merupakan organisasi anggota yang berada dalam naungan KONI Kota Malang, sehingga terdapat kesenjangan antara keadaan di lapangan dengan harapan yang diuraikan dari hasil wawancara.

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji tentang: (1) Keefektifan pelaksanaan program kerja ditinjau dari variable context atau konteks terkait kebutuhan dan tujuan pada program kerja IPSI Pengkot Malang tahun 2012 (2) Keefektifan pelaksanaan program kerja ditinjau dari variable input atau masukan pengolahraga, tenaga keolahragaan, organisasi, pendanaan, sarana prasarana, dan penghargaan keolahragaan yang berhubungan dengan pelaksanaan program kerja IPSI Pengkot Malang tahun 2012 (3) Keefektifan pelaksanaan program kerja ditinjau dari variable process atau proses pelaksanaan program kerja IPSI Pengkot Malang tahun 2012 (4) Keefektifan pelaksanaan program kerja ditinjau dari variable product atau hasil terkait dengan program kerja IPSI Pengkot Malang tahun 2012.

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi yang menggunakan model CIPP (context evaluation, input evaluation, process evaluation, product evaluation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang dapat dianalisis secara deskriptif yang berupa persentase yang berasal dari bobot jawaban kuisioner yang disebarkan kepada responden. Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang menguatkan hasil kuantitatif dari kuesioner yang telah disebarkan kepada responden.

Hasil dan rekomendasi dari analisis tersebut yaitu keefektifan terkait variable konteks Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja IPSI Pengkot Malang tahun 2012 sebesar 100% dengan sangat efektif, program kerja tersebut dapat dilanjutkan serta lebih ditingkatkan lagi dalam proses pelaksanaannya. Hasil analisis terkait variable masukan dari responden pengolahraga dan tenaga keolahragaan diperoleh tingkat keefektifan sebesar 86,61% dan dikategorikan sangat efektif, pada bidang kesekertariatan semua masukan terkait variabel masukan sudah terpenuhi, bidang organisasi melakukan kegiatan rapat rutin organisasi, bidang pembinaan prestasi melakukan pembinaan sekaligus pendataan pada pengolahraga dan tenaga keolahragaan yaitu pelatih, bidang sarana dan prasarana tidak terdapat pengurus yang khusus membidangi sarana dan prasarana sehingga dipegang oleh sekertaris, dan bendahara sudah memenuhi variabel masukan terkait dengan RAB. Sedangkan pada atlet dan pelatih, evaluasi masukan terkait dengan latar belakang. Hasil analisis keselurahan data yang diperoleh terkait variabel proses dari responden pengolahraga dan tenaga keolahragaan diperoleh tingkat keefektifan sebesar 95,61% yang dikategorikan sangat efektif, pada bidang kesekertariatan sudah mendata mengenai inventarisir, keluar masuknya surat serta penyusunan proposal kegiatan. Pada bidang organisasi, yaitu terkait proses pembinaan terhadap perguruan-perguruan yang berada dibawah naungan IPSI Kota Malang. Namun hal tersebut belum sepenuhnya terlaksana dikarenakan jabatan pengurus IPSI Kota Malang merupakan hobi dan bukan pekerjaan utama, sehingga waktu yang diberikan untuk IPSI adalah waktu diluar pekerjaan utama. Bidang pembinaan prestasi terkait dengan proses rekrutmen atlet, latihan atlet, hingga penghargaan pada atlet yang berprestasi, dan bendahara terkait dengan proses aliran dana dalam memenuhi kebutuhan opersional selama pembinaan. Sedangkan pada atlet dan pelatih, evaluasi masukan terkait dengan proses latihan selama tahun 2012. Sedangkan hasil analisis pada variabel product atau hasil secara keseluruhan sebesar 10% yang dikegorikan tidak efektif, terkait dengan bidang ksekretariatan, pembinaan prestasi, organisasi dan bendahara hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan. Terkait dengan prestasi atlet memperoleh hasil dengan kategori tidak baik, karena hanya mendapatkan 3 medali pada kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah dan tidak mendapatkan medalai pada kejuaraan P2SP, sehingga peneliti memberikan rekomendasi untuk memperbaiki program latihan serta mengikutkan atlet dalam berbagai macam event agar memiliki banyak pengalaman bertanding.