SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Smash Bolavoli untuk Atlet Pemula di Klub Bolavoli Gajah Mada-Mojosari Kabupaten Mojokerto

Fitria Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Fitria. 2013. Pengembangan Model Latihan Smash Bolavoli untuk Atlet Pemula di Klub Bolavoli Gajah Mada-Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. E. Winarno. M.Pd, (2) Dra. Sulistyorini. M.Pd.

 

Kata Kunci: model latihan, smash, bolavoli.

 

Berdasarkan hasil observasi, dalam permainan bolavoli pada hari kamis tanggal 18 juli 2013 pukul 15.00 di Klub Bolavoli Gajah Mada-Mojosari kabupaten Mojokerto dari 22 kali smash yang muncul hanya 4 smash yang melampaui net dan 18 tidak melampaui net. Berdasarkan hasil wawancara dengan pelatih, pelatih belum pernah melakukan pengembangan bentuk latihan smash untuk menemukan variasi latihan yang baru.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk model-model latihan smash bolavoli untuk atlet pemula. Sehingga dengan model latihan yang telah dikembangkan tersebut menjadikan atlet antusias dalam mengikuti latihan dan menguasai teknik smash bolavoli dengan baik dan benar.

Spesifikasi produk pengembangan model latihan smash bolavoli ini terdiri dari tujuh model latihan yaitu Model latihan memukul-mukul bola ke lantai dengan gerakan pols, Model latihan memukul-mukul bola ke dinding, Model latihan pukulan melewati net, Model latihan berhadapan dengan teman, Model latihan pukulan tegak lurus, Model latihan memakai awalan dan lompatan, Model latihan bola gantung. Keseluruhan latihan menarik untuk dilakukan. Selain itu, latihan yang dikembangkan bervariasi dan bermanfaat bagi atlet.

Prosedur penelitian ini melalui berbagai tahap, antara lain: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan) terhadap pelatih dan angket kepada atlet di klub bolavoli Gajah Mada-Mojosari Kabupaten Mojokerto, (2) perencanaan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) merevisi hasil uji coba produk awal (sesuai hasil evaluasi ahli), (5) uji coba kelompok kecil menggunakan 10 subyek, (6) uji coba kelompok besar menggunakan 25 subyek, (7) merevisi hasil uji coba kelompok besar berdasarkan hasil evaluasi ahli sekaligus menyempurnakan produk.

Dari hasil analisis uji ahli semua model latihan dinyatakan sesuai dan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80,45% dengan klasifikasi persentase baik , sedangkan dari hasil analisis uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 80,71% dengan klasifikasi persentase baik sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran servis bawah bolavoli dapat diterapkan pada atlet di Klub Bolavoli Gajah Mada-Mojosari kabupaten Mojokerto

Saran yang dapat diberikan terkait penelitian ini meliputi tiga aspek. Ketiga aspek tersebut, yakni (1) pemanfaatan, (2) diseminasi, dan (3) pengembangan produk lebih lanjut. Pertama, saran pemanfaatan terkait teknis penggunaan media yang sebaiknya digunakan dengan memperhatikan situasi dan kondisi sebaiknya sebelum latihan atlet melihat dan mempelajari variasi latihan terlebih dahulu. Kedua, sebelum produk ini disebarluaskan saran peneliti adalah untuk melakukan evaluasi ulang dan disesuaikan dengan sasaran yang dituju.