SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EvaluasiPelaksanaan Program KerjaTahunan Induk Organisasi Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) KONI Kota Malang Tahun 2012

DANNY ADITYA FEBRIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Febrianto, Danny Aditya. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahunan Induk Organisasi Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) KONI Kota Malang Tahun 2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M. S (II) Drs. Mu’arifin, M. Pd.

 

Kata Kunci: evaluasi, program kerja, Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia.

 

KONI Kota Malang mempunyai beberapa cabang olahraga. Setiap cabang olahraga merupakan suatu organisasi, yaitu sebagai wadah untuk mengatur kegiatan cabang olahraga. Setiap tahun cabang olahraga harus membuat program kerja, rencana anggaran biaya, laporan kegiatan, dan evaluasi baik dari dalam maupun dari pihak luar yang nantinya diserahkan ke KONI Kota Malang. Akan tetapi hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa belum diadakan evaluasi dari pihak luar. Sehingga terdapat kesenjangan antara harapan KONI Kota Malang dengan fakta yang ada di lapangan, khususnya cabang olahraga sepak takraw.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan tentang pelaksanaan program kerja Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Kota Malang tahun 2012 ditinjau dari variabel kontek (context), masukan (input), proses (process), produk (product). Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang terkumpul akan diolah, di-analisis, dan disajikan secara naratif dan persentase.

Hasil penelitian terkait dengan keefektifan pelaksanaan program kerja PSTI Kota Malang tahun 2012ditinjau dari konsep CIPP adalah 56%, dengan kategori cukup efektif.Evaluasi dibagi menjadi empat komponen, yaitu ditinjau dari kontek, masukan, proses, dan produk. Adapun tingkat keefektifan dari variabel kontek yaitu 59%, dengan kategori keefektifan cukup efektif. Terkai dengan tujuan program kerja, bidang Kesekretariat belum memenuhi karena semua program tidak terlaksana. Bidang Keorganisasian dari lima program hanya satu yang terlaksana. Bidang Pembinaan Prestasi dari kesepuluh program hanya enam yang terlaksana. Bidang Sarana dan Prasarana memiliki dua program dan belum terlaksana. Terkait dengan kebutuhan, hanya satu yang belum terpenuhi yaitu PSTI Kota Malang belum memiliki wasit. Adapun saran yang diajukan yaitu melanjutkan program.

Tingkat keefektifan dari variabel masukan adalah 75%,dengan kategori efektif. Variabel masukan terdiri pengolahraga, ada sebagian atlet yang tidak mengikuti suatu pertandingan karena peraturan pertandingan misalnya umur dan jenis pertandingan. Tenaga olahraga yang terdiri dari pelatih dan pengurus. Terkait dengan keikutsertaan pelatih dalam kepelatihan olahraga hanya sebagian yang mengikuti. Tenaga olahraga yaitu pengurus telah mengungkapkan telah memiliki AD/ART, struktur organisasi, tugas pengurus, dan program kerja. Sarana dan prasarana yang dimiliki hanya sarana latihan dan kesekretariatan. Bagian pendanaan telah memiliki rencana anggaran biaya (RAB) dan sumber dana. Saran yang dapat diajukan yaitu agar mencari alternatif lain untuk memperoleh sumber dana seperti pengajuan proposal kegiatan kepada sponsor atau pihak yang terkait.

Tingkat keefektifan darivariabelproses adalah 51%, dengan kategori cukup efektif. Variabel proses terdiri pengolahraga, yaitu atlet telah mengikuti latihan setiap minggunya, mengikuti seleksi yang diadakan oleh pelatih serta semuanya berdomisili di Kota Malang. Tenaga olahraga yaitu pelatih dan pengurus.Pengurus melaksanakan rapat rutin yang bersifat kondisional terhadap pertandingan yang akan diikuti. Sarana dan prasarana selalu dilakukan pemeliharaan rutin. Bagian pendanaan menyatakan bahwa dana yang diajukan ke KONI Kota Malang masih belum mencukupi dana kegiatan operasional. Saran yang dapat diajukan yaitu agar meminimalisir program kerja sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.

Tingkat keefektifan dari variabelproduk sebesar 26%, dengan kategori kurang efektif.Variabel produk terdiri pengolahraga, yaitu atlet belum memperoleh medali di setiap pertandingan di tahun 2012. Tenaga olahraga yaitu pelatih dan pengurus. Pelatih belum mengalami peningkatan lisensi. Pengurus masih belum melaksanakan sebagian program kerja yang telah disusun. Saran yang dapat diajukan agar memperbaiki program latihan dengan tujuan prestasi atlet lebih maksimal dan memperoleh medali. Selain itu tenaga keolahragaan utamanya pelatih agar lebih sering mengikuti pelatihan pelatih untuk menambah pengetahuan di bidang kepelatihan.