SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Speed Endurance untuk Pemain Sepakbola Usia 18-21 Tahun di Persatuan Sepakbola Malang Post

PIVO ZANDICA PUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Pivo Zandica. 2013. Pengembangan Variasi Latihan Speed Endurance untuk Pemain Sepakbola Usia 18-21 Tahun di Persatuan Sepakbola Malang Post. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr Eko Hariyanto,M.Pd (II) I Nengah Sudjana. S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, variasi, sepakbola, speed endurance

 

Permainan sepakbola adalah suatu permainan yang menuntut adanya kerjasama yang baik dan rapi karena olahraga ini merupakan permainan tim, disamping itu seorang pemain sepakbola juga harus memiliki kondisi fisik yang tinggi agar dapat menunjang keterampilan yang dimiliki oleh setiap individu pemain. Di Persatuan Sepakbola Malang Post, latihan fisik memang sudah ada, hal ini diketahui oleh peneliti pada saat melaksanakan observasi dan wawancara di Persatuan Sepakbola Malang Post, akan tetapi bentuk latihan fisik yang diberikan pada pemain kurang bervariatif, dan pemain kurang mengetahui bentuk-bentuk latihan fisik dalam permainan sepakbola. Hal ini membuat pemain merasa jenuh dengan bentuk latihan fisik tersebut. Dengan melakukan penelitian awal dengan menggunakan analisis kebutuhan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa di persatuan Sepakbola Malang Post perlu adanya pengembangan variasi latihan fisik.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan variasi latihan speed endurance pada latihan sepakbola di Persatuan Sepakbola Malang Post, dan diharapkan dapat meningkatkan kondisi fisik pemain, khususnya dapat membantu dan mempermudah dalam penguasaan materi speed endurance.

Penelitian yang dilaksanakan di Persatuan Sepakbola Malang Post ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Variasi latihan speed endurance ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli, secara keseluruhan para ahli memberikan masukan yang baik dan setelah merevisi produk awal maka para ahli setuju dan produk yang sudah jadi siap untuk diujicobakan di Persatuan Sepakbola Malang Post.

Hasil analisis data yang diperoleh dari 2 ahli kepelatihan sepakbola dan 1 ahli media, uji ahli kepelatihan sepakbola 1 hasilnya adalah 75% yang berarti cukup valid, uji ahli kepelatihan sepakbola 2 hasilnya adalah 75% yang berarti cukup valid, uji ahli media hasilnya adalah 80% yang berarti valid, uji coba kelompok kecil  adalah 89.6% hasilnya valid, sedangkan uji coba kelompok besar adalah 90.6% hasilnya adalah valid, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi latihan tersebut dapat diterapkan di Persatuan Sepakbola Malang Post.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: produk sebaiknya diperbanyak, Sebelum disebarluaskan sebaiknya produk disusun kembali menjadi lebih baik. Baik isi maupun kemasan.