SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainann Bolavoli Spon Pada Siswa Kelas IV SDN I Ngadisanan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo

bayu kristianto wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan  hasil  observasi  melalui  pengamatan,  wawancara  dan

pengisian  angket  pada  pembelajaran  bolavoli  bagi  siswa  kelas  IV  SDN  I

Ngadisanan   Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo dibutuhkan pengembangan

permainann bolavoli  spon  supaya  siswa mampu mengusai  teknik dasar bolavoli.

Selain itu muatan materi pelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik dan mudah

dipahami, materi yang sulit akan menjadi mudah dipahami.

Tujuan  penelitian  ini  adalah mengembangkan  permainann  bolavoli  spon

pada siswa kelas IV SDN I Ngadisanan  Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo.

Dengan  adanya  pengembangan  permainann  bolavoli  spon  ini,  diharapkan  siswa

dapat aktif saat proses belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan yang lebih

luas, sehingga dapat menerapkan permainan bolavoli yang baik dan benar. Teknik

analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis  kualitatif  dan  analisis  deskriptif

berupa persentase.

Penelitian  ini  menggunakan  model  pengembangan  yang  mengacu  pada

model pengembangan oleg Borg & Gall yang memiliki  tahapan  sebagai berikut:

(1)  penelitian  awal  (analisis  kebutuhan)  terhadap  30  siswa  kelas  IV  SDN  I

Ngadisanan    Kecamatan  Sambit  Kabupaten  Ponorogo  (2)  perencanaan  produk

awal.  (3)  evaluasi  ahli.  (4)  merevisi  hasil  uji  coba  produk  awal  (sesuai  hasil

evaluasi ahli).  (5) uji coba kelompok kecil menggunakan 6  subyek.  (6) uji coba

kelompok  besar menggunakan  30  subyek.  (7) merevisi  hasil  uji  coba  kelompok

besar berdasarkan hasil evaluasi ahli sekaligus menyempurnakan produk.

Pada hasil evaluasi ahli media diperoleh total persentase 75,83%, evaluasi

ahli  bolavoli  diperoleh  total  persentase  88,02%,  dan  evaluasi  ahli  permainan

diperoleh  total persentase 90,1% sehingga produk masuk pada kategori menarik,

sesuai dan mudah digunakan. Analisis data hasil uji coba (kelompok kecil) dengan

8  orang  subjek  diperoleh  total  persentase    91,88%  dengan  kategori  sangat

menarik,  sangat mudah  dan  sangat  jelas,  namun  tetap  dilakukan  perbaikan  pada

bagian-bagian  tertentu  untuk  semakin  menyempurnakan  produk.  Hasil  uji

lapangan  (kelompok  besar)  dengan  30  orang  subjek  diperoleh  total  persentase

sebesar 91,22% dengan kategori sangat menarik, sangat mudah dan sangat  jelas,

sehingga tidak dilakukan revisi dan ditetapkan sebagai produk akhir.

Produk akhir dalam Pengembangan permainann bolavoli spon Pada Siswa

Kelas  IV  SDN  I  Ngadisanan  Kecamatan  Sambit  Kabupaten  Ponorogo  dapat

digunakan  sebagai  media  pembelajaran  bagi  siswa  di  SDN  I  Ngadisanan

Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo.