SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Kebersihan Gigi dan Mulut Melalui Multimedia Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 04 Kota Malang

Fairul Jihan Ahmad

Abstrak


ABSTRAK

 

Ahmad, Fairul Jihan. 2013. Pengembangan Pembelajaran Kebersihan Gigi dan Mulut Melalui Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar Mojolangu 04 Kota Malang.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes. (2)Drs.Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan,Pembelajaran, Kebersihan Gigi dan Mulut, Multimedia Interaktif.

Pembelajaran kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu materi yang tercantum dalam kompetensi dasar di Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 04 Kota Malang. Pendidikan Jasmani dan kesehatan juga harus memiliki media pembelajaranlain yang menunjang aktifitas belajar untuk siswa. Media pembelajaran menggunakan E-Book untuk materi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 04 Kota Malang yang  diperlukan harus sesuai dengan sarana dan prasarana yang terdapat di Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 04 Kota Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaranpada materi Kebersihan Gigi dan Mulut dalam bentuk E-Book  di Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 04 Kota Malang. Sehingga dengan adanya pengembangan pembelajaran dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran.Dengan harapan E-Book  tersebut dapat membantusiswa maupun gurudalam pembelajarankebersihan gigi dan mulut lebih baik lagi dari sebelumnya. Selain itu, E-Book  ini diharapkan dapat tercapainya tujuan pembelajaran yaitu peserta didik mendapat pembelajaran yang menyenangkan.

Dalam penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775).Dari sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall, penelitian dan pengembangan ini tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah saja. Hal ini disebabkan karena langkah-langkah yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 12 orangsiswa dan uji coba kelompok besar terhadap 30 orang siswa Sekolah Dasar Negeri Mojolangu 04 Kota Malang, dapat diperoleh persentase 87,15%siswa uji kelompok kecil dan 90,63%siswa pada uji kelompok besar menyatakan bahwaE-Book kebersihan gigi dan mulut menarik dan mudah untuk dipelajari dalam belajar. Diharapkan E-Book kebersihan gigi dan mulut tersebut menjadi referensi bagi siswa dalam menunjang pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan khususnya materi kebersihan gigi dan mulut.

Dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas, peneliti memberikan saran yaitu disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait, misalnya ke sekolah-sekolah lain, produk disebarluaskan berupa VCD, sehingga produk ini memperoleh pengakuan sebagai media pembelajaran E-Book  kebersihan gigi dan mulut ini layak untuk disebarluaskan ke peserta didik.