SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATERI PERWASITAN SEPAKBOLA DENGAN MENGGUNAKAN ELECTRONIC BOOK (E-BOOK) PADA MATAKULIAH SEPAKBOLA II JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rizca Indra Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

Kusuma,Rizca Indra. 2013. Pengembangan Pembelajaran Materi Perwasitan Sepakbola dengan Menggunakan Electronic book (E-Book) untuk Matakuliah Sepakbola II Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra, Sri Purnami, M.Pd, (II) Usman Wahyudi, S,Pd, M. Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran, media pembelajaran E-Book,  perwasitan sepakbola

Perwasitan adalah seseorang yang memimpin jalannya pertandingan, agar pertandingan tersebut berjalan dengan lancar tanpa atau sedikit mungkin adanya gangguan. Selain itu perwasitan sepakbola merupakan salah satu beban materi pada matakuliah sepakbola II di jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Hal ini mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyerap materi yang disampaikan oleh dosen. Maka dari itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa matakuliah sepakbola II secara efektif. Media yang disukai oleh kebanyakan mahasiswa adalah media yang berbasis komputer, selain  berisi penjelasan yang dilengkapi dengan video, media berbasis komputer ini juga menyajikan tentang informasi-informasi yang lain, yang dibutuhkan oleh peserta didik, di sisi lain para mahasiswa peserta matakuliah sepakbola II ini kebanyakan memiliki komputer sehingga sangat mendukung sekali terhadap media pembelajaran berbasis komputer ini.

 

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan E-Book untuk mempercepat penguasaan materi Perwasitan Sepakbola pada mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

 

Spesifikasi produk yang digunakan adalah berupa Pengembangan Pembelajaran Perwasitan Materi Sepakbola Menggunakan Media E-Book pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. E-Book ini menggunakan aplikasi Prezi Destop Pro yang berisi tentang pasal 5 dan 6. E-Book ini dilengkapi dengan video, gambar, serta musik.

 

Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan pengembangan dari Borg dan Gall (1983:775), dengan memodifikasi langkah sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment), (2) Pembuatan rancangan produk awal (berupa draf pengembangan media pembelajaran E-Book peraturan permainan sepakbola), (3) Mengembangkan rancangan produk awal berupa E-Book, dilanjutkan dengan evaluasi tahap I oleh ahli peraturan permainan sepakbola dan 1 ahli media, (4) Revisi produk berdasarkan masukan dari para ahli, (5) Uji coba (kelompok kecil) yang dilakukan kepada 12 mahasiswa, (6) Uji lapangan (kelompok besar), dan revisi untuk menyempurnakan produk, (7) Produk akhir berupa E-Book peraturan permainan sepakbola.

 

Dari penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan, produk yang dihasilkan yaitu Pengembangan Pembelajaran Perwasitan Sepakbola Menggunakan Media E-Book  Untuk Matakuliah Sepakbola I dan II Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

 

Berdasarkan hasil uji ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar disimpulkan Pengembangan Pembelajaran Perwasitan Sepakbola Menggunakan Media E-Book  pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang ini bermanfaat, menarik dan menyenangkan. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.