SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan teknik tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas x Akuntansi-1 SMK Widya Dharma Turen dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal

Dwi Anjarweni

Abstrak


ABSTRAK

Anjarweni, D. 2013. Meningkatkan Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping pada Siswa Kelas X Akuntansi-1 SMK Widya Dharma Turen dengan Menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M. S, (II) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

Kata kunci: pembelajaran, tolak peluru gaya menyamping, gaya mengajar resiprokal.

 

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas X Akuntansi-1 SMK Widya Dharma Turen  menggunakan gaya mengajar komando, terdapat beberapa masalah saat pembelajaran berlangsung dimana kemampuan teknik tolak peluru siswa masih kurang, dari hasil observasi tes awal 10 siswa (31,3%)  memegang peluru dengan  cara di letakkan pada telapak tangan, 15 siswa (46,9%) menolak dengan cara melakukan lemparan, 7 siswa (21,8%) dengan posisi badan tegak, dan 14 siswa (43,7%) setelah menolak  posisi kaki tetap seperti sebelum menolak. Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti berupaya untuk memperbaiki pembelajaran, dan bersama guru pendidikan jasmani sejawat di sekolah tersebut menyusun rencana perbaikan yang dituangkan dalan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran sebagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  teknik tolak peluru gaya menyamping siswa kelas X Akuntansi-1 SMK Widya Dharma Turen dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Akuntansi-1 SMK Widya Dharma Turen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping siswa kelas X Akuntansi-1 dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal di setiap siklus dari siklus I dan siklus II. Diketahui pada siklus I teknik memegang peluru tingkat keberhasilan siswa dari 53% (17 siswa) menjadi 84% (27 siswa), teknik awalan 72% (23 siswa) menjadi 88% (28 siswa), teknik tolakan 78% (25 siswa) menjadi 88% (28 siswa), teknik akhir tolakan atau lanjutan 84% ( 27 siswa) menjadi 94% (30 siswa).

Sedangkan pada siklus II pada teknik memegang peluru tingkat keberhasilan siswa dari 75% (24 siswa) menjadi 97% (31 siswa), teknik awalan 81% (26 siswa) menjadi 97% (31 siswa), teknik tolakan 84% (27 siswa) menjadi 94% (30 siswa), teknik akhir tolakan atau lanjutan 88% (28 siswa) menjadi 97% (30 siswa).

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan teknik tolak peluru gaya menyamping siswa kelas X Akuntansi-1 SMK Widya Dharma Turen.