SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komparatif Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Lulusan Pendidikan Jasmani Non-Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar se-Kota Malang.

IIN HARIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Harianti,Iin. 2013. Studi Komparatif Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Lulusan Pendidikan Jasmani Non-Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kese-hatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguna, M.Kes.

 

Kata Kunci: kinerja guru pendidikan jasmani

Kinerja guru adalah salah satu faktor penting yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kinerja guru yang baik ditentukan oleh pendidikan guru sebelum mengemban tugas mengajar. Pendidikan guru adalah suatu sarana untuk menyiapkan seseorang yang ingin melaksanakan tugas dalam profesi guru. Karena pada semua profesi persiapan itu mengikutsertakan seseorang dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk dilaksanakan nantinya. Dengan kata lain dapat dijelaskan bahwa guru pendidikan jasmani yang baik adalah guru yang berasal dari lulusan pendidikan jasmani. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai kinerja guru pendidikan jasmani lulusan pendidikan jasmani dan kinerja guru lulusan non-pendidikan jasmani.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan kinerja guru pendidikan jasmani lulusan pendidikan jasmani dan kinerja guru pendidikan jasmani lulusan non-pendidikan jasmani, selanjutnya mengetahui dan mengkaji perbedaan kinerja guru pendidikan jasmani di kota Malang.

Penelitian menggunakan rancangan rancangan Non-Eksperimental. Data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi secara langsung menggunakan lembar penilaian kinerja guru. Penilaian dilakukan oleh tiga orang pengamat. Sebelum melaksanakan observasi pembelajaran, peneliti mengadakan briefing dengan ketiga pengamat. Kegiatan analisis data dimulai dari pemberian kode pada subjek penelitian, tabulasi data, dilanjutkan dengan analisis data yaitu uji hipotesis menggunakan uji-t dengan uji persyaratan normalitasdata dan homogenitas data.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa kinerja guru pendidikan jasmani lulusan pendidikan jasmani termasuk dalam kriteria sangat baik, sedangkan kinerja guru pendidikan jasmani lulusan non-pendidikan jasmani termasuk dalam kriteria kurang baik, dengan demikian terdapat perbedaan antara kinerja guru pendidikan jasmani yang berasal dari lulusan pendidikan jasmani dengan guru pendidikan jasmani lulusan non-pendidikan jasmani.