SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Peluru Modififkasi Berupa Bahan Karet Ban Sepeda dan Pasir sebagai Alat Bantu Pembelajaran Tolak Peluru untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Sumenep

Rizky Hary Yulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulia, Rizky Hary. 2013. Pengembangan Peluru Modififkasi Berupa Bahan Karet Ban Sepeda dan Pasir sebagai Alat Bantu Pembelajaran Tolak Peluru untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Sumenep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Tomi, M.Pd. (II) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, peluru modifikasi, bahan karet ban sepeda dan pasir, alat bantu pembelajaran, tolak peluru.

Tolak peluru merupakan salah satu olahraga perorangan yang termasuk nomor lempar dalam atletik. Pembelajaran tolak peluru termasuk dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang di laksakan pada sekolah-sekolah menengah pertama dengan menggunakan peluru besi (standar) dan cukup berbahaya dalam penggunaanya. Penggunaan peluru besi sebagai alat pembelajaran tolak peluru membuat siswa terbebani dengan ukuran dan berat dari peluru besi itu sendiri. Dan sesuai dengan analisis kebutuhan, beberapa guru memilih peluru modifikasi berupa bahan karet ban sepeda dan pasir untuk dikembangkan menjadi alat bantu pembelajaran tolak peluru. Tujuan dari pengembangan modifikasi peluru ini yaitu untuk membantu proses pembelajaran tolak peluru sehingga dapat menarik minat siswa dan mempermudah siswa mempraktikkan keterampilan dasar gerkan tolak peluru.

Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan memodifikasi beberapa langkah prosedur pengembangan. Hal ini disebabkan karena langkah-langkah yang diambil disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangannya yaitu analisis kebutuhan, pembuatan rancangan produk, evaluasi ahli, revisi produk, uji kelompok kecil, uji kelompok besar, produk akhir.

Tempat penelitian di SMP Negeri 4 Sumenep, subjek uji coba terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dalam uji coba kelompok diperoleh dua aspek yang telah disesuaikan dengan tujuan dan prinsip-prinsip dari kegunaan modifikasi alat bantu pembelajaran yaitu aspek kemudahaan dan aspek kemenarikan. Dilihat dari aspek kemudahaannya penggunaan peluru modifikasi berupa bahan karet ban sepeda dan pasir ini sangat mudah digunakan untuk pembelajaran tolak peluru dan dilihat dari aspek kemenarikan peluru modifikasi ini sangat menarik minat subjek untuk digunakan pada pembelajaran tolak peluru sehingga dapat membantu pembelajaran tolak peluru dengan baik. Diharapkan peluru modifikasi ini dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran tolak peluru dan juga memudahkan siswa mempraktikkan pembelajaran tolak peluru.