SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan Passing Bolabasket pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Klabang 1 Kabupaten Bondowoso

Angger Gorka Tejamukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Tejamukti, Angger Gorka. 2013. Pengembangan Model Permainan Passing Bolabasket pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Klabang 1 Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Saichudin, M.Kes, (2) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Model-model, Permainan Passing Bolabasket

 

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Klabang 1 Bondowoso, khususnya materi bolabasket kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan oleh, minat siswa yang kurang dalam menerima mata pelajaran bolabasket yang diberikan oleh guru. Pada penelitian awal peneliti melakukan observasi dan penyebaran angket kepada beberapa guru pendidikan jasmani dikabupaten Bondowoso. Pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri Klabang 1 yaitu guru hanya memberikan contoh, kemudian siswa memperaktekkannya. Pembelajaran dilakukan tanpa adanya variasi latihan ataupun permainan, sehingga siswa memerlukan adanya variasi permainan yang menarik sehingga dapat meningkatkan keterampilan dasar bolabasket.

Selanjutnya, peneliti melakukan analisis kebutuhan dalam bentuk angket kepada 30 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 23 siswa kelas VIII SMP Negeri Klabang 1 yang telah diberikan pada hari Selasa, 20 Maret 2013. Dari analisis kebutuhan diperoleh hasil, 100% siswa menyatakan senang dengan pendidikan jasmani, 53,3% menyatakan jarang menerima model-model permainan, 87% siswa menyatakan membutuhkan apabila diberikan pengembangan model-model permainan bolabasket, dan 100% siswa setuju dengan adanya model-model permainan bolabasket.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model-model permainan bolabasket pada siswa kelas VIII siswa SMP Negeri Klabang 1 kabupaten Bondowoso dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan keterampilan gerak dasar permainan passing bolabasket. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri Klabang kabupaten Bondowoso ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, yang digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Produk yang dikembangkan adalah model-model permainan bolabasket, dalam bentuk buku panduan yang berisi 6 model permainan, yang terdiri dari perrmainan bertahan dalam lintasan, satu lawan satu, bermain tepat sasaran, bertahan dalam posisi “U”, menyerang meliwati rintangan, dan menyerang dengaan menggunakan 4 tehnik passing. Dengan adanya pengembangan model-model permainan bolabasket ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar, keaktifan siswa dan meningkatkan keterampilan gerak dasar bolabasket.