SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-Model Pengenalan Air dalam Pembelajaran Renang untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang.

ATMA MIKA NEROSA

Abstrak


ABSTRAK

 

Nerosa, Atma Mika. 2013. Pengembangan Model-Model Pengenalan Air dalam Pembelajaran Renang untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Roesdiyanto, M.Kes (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, renang, pengenalan air, Sekolah Menengah Kejuruan.

 

Renang merupakan aktivitas yang penuh tantangan dan ada kecenderungan menakutkan bagi mereka yang sama sekali belum pernah mengenal atau berhubungan langsung dengan air. Pada kenyataannya, belajar renang membutuhkan waktu. Ketidaksabaran bagi pemula dan rasa takut akan tenggelam dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar keterampilan renang. Keberhasilan terhadap proses pembelajaran renang merupakan tugas bagi seorang guru atau pengajar untuk dapat disiasati agar tercipta pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Pengenalan air merupakan latihan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa takut akan air dan mengenal sifat-sifat air seperti dingin, basah, dan tahanan air. Selain itu pengenalan air juga sebagai dasar dari gaya-gaya renang berikutnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model-model pengenalan air dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang.

Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Resecrh & Development dari Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk para ahli dan siswa. Dengan kualifikasi ahli renang dan ahli permainan, sedangkan untuk siswa dilakukan uji coba I (kelompok kecil) sebanyak 10 siswa, dan uji coba lapangan (kelompok besar) sebanyak 30 siswa.

Hasil penelitian ini berupa pengembangan model-model pengenalan air dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang. Hasil dari uji coba tahap I (kelompok kecil) diperoleh persentase 91,94%, dan dari uji coba lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase 93%. Produk pengembangan model-model pengenalan air untuk siswa kelas X SMK ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran renang. Diharapkan dengan adanya pengembangan model-model pengenalan air yang sesuai, siswa tidak lagi mengalami rasa takut akan air saat pembelajaran renang. Dalam mengembangkan penelitian ini kearah yang lebih lanjut, peneliti mempunyai beberapa saran sebagai berikut.

Untuk subjek penelitian sebaiknya dilakukan pada subjek yang lebih luas, baik itu siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba. Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan. Oleh karena itu perlu adanya tindak lanjut dari peneliti lain yang sesuai dengan pengembangan ini. Sehingga pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.