SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Passing Bawah Dipantulkan ke Tembok terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bolavoli pada Pebolavoli Kelas B Putri Klub Bolavoli Surya PG. Kebon Agung.

Meriza Ulfie

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulfie, Meriza. 2013. Pengaruh Latihan Passing Bawah Dipantulkan ke Tembok terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bolavoli pada Pebolavoli Kelas B Putri Klub Bolavoli Surya PG. Kebon Agung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.Setyo Budiwanto, M.Kes, (II) Drs. Lokananta T.H.W., M.Kes.

 

Kata Kunci: passing bawah, dipantulkan ke tembok, Surya PG. Kebon Agung

 

Olahraga bolavoli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net setinggi 2,24 meter untuk putri dan 2,45 meter untuk putra. Masing-masing tim terdiri dari 6 pemain, di atas lapangan yang berukuran 9x18 meter dengan tujuan untuk menjatuhkan bola dilapangan lawan guna dapatkan poin. Ada 5 teknik dasar bolavoli yang mampu menunjang pemain mendapatkan poin, yakni service, passing bawah, passing atas, smash, dan block. Olahraga bolavoli dapat dimainkan segala usia. Olahraga bolavoli juga dapat dimainkan di permukaan berumput, berpasir, dan dilantai baik di luar maupun didalam ruangan.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada saat pertandingan di Pakis, Tumpang dalam acara Turnamen Bolavoli Bupati Cup pada tanggal 7 Nopember 2012, teknik dasar yang sering dilakukan adalah passing bawah. Pada saat pertandingan, kesalahan juga banyak terjadi saat pebolavoli melakukan passing bawah. Kesalahan yang dilakukan pebolavoli cukup beragam, seperti lutut tidak ditekuk saat akan menerima bola dan mempassing bola dengan satu tangan.

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah dari permasalahan yang ada yaitu dengan memberikan latihan passing bawah dipantulkan ke tembok. Diharapkan, penelitian ini dapat menjadi solusi dalam latihan agar pebolavoli lebih antusias dan senang dalam latihan. Penelitian yang dilaksanakan di klub bolavoli Surya PG. Kebon Agung ini termasuk penelitian eksperimen. Subjek penelitian sebanyak 30 pebolavoli. Sebelum diberi perlakuan passing bawah ke tembok selama 6 minggu dengan jumlah kegiatan perminggu sebanyak 3 kali, subjek diukur kemampuannya terlebih dahulu (pretest). Setelah dikenai perlakuan subjek kembali diukur kemampuannya (posttest). Rancangan yang dipakai peneliti disebut the one group pretest-posttest design.

Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diketahui hasil tes awal dan tes akhir keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli bagi pebolavoli kelas B putri klub bolavoli Surya PG. Kebon Agung diperoleh t hitung sebesar -16,478 dengan probabilitas = 0,000.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan passing bawah dipantulkan ke tembok selama 18 kali pertemuan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli pada pebolavoli kelas B putri klub bolavoli Surya PG. Kebon Agung. Metode latihan passing bawah dipantulkan ke tembok perlu ditingkatkan dalam latihan karena dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passing bawah bolavoli pada pebolavoli