SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Motivasi Masyarakat Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Dalam Bermain Futsal

Dito Iman Akbar

Abstrak


ABSTRAK

 

Akbar, Dito Iman. 2013. Survei Motivasi Masyarakat Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Dalam Bermain Futsal. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata kunci: Survei, Motivasi, Masyarakat, Futsal, Nganjuk

 

Di Kecamatan Kertosono terdapat 1 saja arena bermain futsal, yaitu Tosono futsal.  serta 15 klub futsal yang menjadi member tetap di Tosono futsal tersebut. Fakta menunjukan bahwa keinginan masyarakat Kecamatan Kertosono untuk bermain futsal tidak seimbang dengan fasilitas yang ada, karena di Kecamatan Kertosono hanya ada 1 lapangan futsal saja. Akibatnya, masyarakat Kecamatan Kertosono khusunya masyarakat yang berjenis kelamin laki-laki,  banyak yang menyalurkan keinginannya bermain futsalnya dengan bermain futsal di lapangan futsal kecamatan lain, bermain futsal di lapangan basket atau lapangan sepak bola yang dimodifikasi menjadi lapangan futsal. Cara yang terkahir tersebut juga menjadi solusi bagi kalangan masyarakat yang kurang mampu, karena dengan tanpa mengeluarkan uang keinginan bermain futsal tetap terpenuhi.  Adanya 1 arena atau tempat bermain futsal saja di Kecamatan Kertosono  yang masih termasuk kecamatan berkembang, mengundang banyaknya masyarakat yang terlibat pada kegiatan tersebut. Namun melalui wawancara terhadap pemilik ataupun pengelola arena ataupun tempat bermain futsal, belum pernah diketahui apa yang menjadi motivasi mereka untuk melakukan aktivitas bermain futsal, dan setuju apabila diketahui motivasi masyarakat untuk bermain futsal.

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi apa yang dominan dalam mempengaruhi masyarakat Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam bermain futsal. Sehingga dapat digunakan masyarakat sebagai masukan untuk mengembangkan kemampuan diri dalam bermain serta usaha dalam bidang olahraga futsal.

Berdasarkan pada tujuan penelitian, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian survei, yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mendeskripsikan tentang motivasi apa yang dominan dalam mempengaruhi masyarakat Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam bermain futsal.

Berdasarkan hasil temuan penelitian, tanggapan responden terhadap variabel motivasi intrinsik, diperoleh hasil presentase tertinggi pada item pertanyaan: “Saya ingin menghindari kejenuhan dalam melakukan rutinitas kegiatan sehari-hari”, presentase yang diperoleh adalah 82,14%, yaitu berada pada zona sangat tinggi. Hal tersebut menjelaskan tingkat keinginan responden yang ingin menghindari kejenuhan kegiatan sehari-hari dengan bermain futsal, termasuk pada kategori yang sangat baik. Sedangkan tanggapan responden terhadap variabel motivasi intrinsik, diperoleh hasil presentase tertinggi pada item pertanyaan: “Ingin berinteraksi dengan orang lain”, presentase yang diperoleh adalah sebesar 76,07% yaitu pada zona tinggi. Hal tersebut menjelaskan bahwa responden yang ingin berinteraksi dengan orang lain dengan melakukan olahraga futsal termasuk dalam kategori baik.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, aktivitas masyarakat Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam bermain futsal di pengaruhi oleh motivasi intrinsik, yang mana aktivitas  bermain futsal yang dilakukan oleh mereka adalah keinginan dari dalam diri mereka sendiri.