SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PANDUAN LATIHAN TEKNIK DASAR FUTSAL BAGI ATLET PEMULA DI SEKOLAH FUTSAL (BINA HARAPAN SETIA) BHS MALANG

BRILA SUSI HAWINDRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Hawindri, Brila Susi. 2013. Pengembangan Panduan Latihan Teknik Dasar Futsal bagi Atlet Pemula di Sekolah Futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang dalam bentuk VCD. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd. (II) Drs. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, teknik dasar futsal, VCD, atlet pemula.

 

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang yang berlangsung tanggal  19 Februari 2013, ditemukan (1) Dalam pelaksanaan jadwal latihan di sekolah futsal Bina Harapan setia ini, dilaksanakan setiap dua kali dalam seminggu namun kehadiran atlet yang tidak disiplin membuat pelatih sulit menyesuaikan kemampuan tiap individu dalam setiap program latihannya, (2) terkadang terbentur dengan kegiatan sekolah dan rutinitas sehari-hari sehingga latihan kurang efektif, (3) dengan intensitas latihan yang kurang  perlu adanya sebuah media yang memudahkan atlet untuk belajar secara mandiri. Dari permasalahan yang ditemukan, maka disusunlah rancangan produk pengembangan panduan latihan teknik dasar futsal bagi atlet pemula di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang dalam bentuk VCD.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan panduan latihan teknik dasar futsal bagi atlet pemula di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang yang diharapkan dapat menjadi media pembelajaraan bagi atlet untuk melakukan kegiatan latihan secara mandiri diluar jadwal latihan yang telah ditentukan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada kepada atlet di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang, (2) mengembangkan produk awal panduan latihan teknik dasar futsal bagi atlet dalam bentuk VCD, (3) validasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 orang ahli kepelatihan futsal dan 1 orang ahli media, (4) revisi produk pertama, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk kedua, (7) uji coba kelompok besar dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua, (8) revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari uji coba lapangan). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa presentase.

Hasil presentase yang didapat dari penelitian awal melalui kuesioner di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang diperoleh data sebagai berikut: 93,3% menjawab teknik dasar penting diberikan pada saat latihan, 50% atlet hanya mengikuti latihan sekali dalam seminggu dan 100% setuju untuk diberikan media untuk menambah pengetahuan dalam keterampilan bermain futsal. Jadi kesimpulan dari prosentase di atas yaitu atlet pemula di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang menyatakan bahwa perlu untuk dikembangkannya panduan latihan teknik dasar futsal melalui media VCD.

Dari hasil analisis validasi kepelatihan futsal diperoleh hasil 94,4% dan ahli media 75% maka produk pengembangan panduan latihan teknik dasar futsal dalam bentuk VCD untuk media latihan secara mandiri, layak digunakan sebagai media latihan secara mandiri di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 8 atlet diperoleh presentase 88,2%, dan pada uji kelompok besar dengan menggunakan 30 atlet diperoleh presentase sebesar 90,8% sehingga pengembangan panduan latihan teknik dasar futsal bagi atlet pemula di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang dalam bentuk VCD untuk media latihan secara mandiri di sekolah futsal (Bina Harapan Setia) BHS Malang dapat digunakan.