SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN POLA LATIHAN BALL FEELING BAGI ATLET FUTSAL PUTRI

INDYANA IKA PUSPITA PENI

Abstrak


ABSTRAK

 

Peni, Indyana Ika Puspita. 2013. Pengembangan Pola Latihan Ball Feeling bagi Atlet Futsal Puteri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd. (II) Dr. Hariyoko, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, pola latihan, ball feeling, atlet futsal puteri

 

Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan pada tanggal 05 Februari dan 07 Februari 2013 dengan observasi melalui wawancara kepada pelatih serta  atlet diperoleh data sebagai berikut: 1) pemain menggiring bola dengan kepala menunduk, 2) sering hilang keseimbangan saat menguasai bola, 3) terlihat kesulitan saat engalami situasi 1 lawan 1, 4) terlihat kesulitan dengan sentuhan pertama saat menerima bola, 5) sebagian besar atlet merupakan pelajar dan mahasiswa sehingga tidak jarang atlet meminta ijin untuk tidak mengikuti latihan, hal tersebut menyebabkan kurangnya intensitas latihan pada atlet yang seharusnya minimal 3 kali dalam seminggu,  6) kurang variatifnya latihan pada atlet yang selalu menekankan pada latihan teknik dan fisik saja, 7) dengan intensitas latihan yang kurang  perlu adanya sebuah media yang memudahkan atlet dalam pemahaman pola latihan ball feeling. Dari keseluruhan masalah yang ditemui tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa tim mengalami masalah dalam penguasaan bola meskipun ada beberapa atlet yang sudah mahir. Dari permasalahan yang ditemukan, maka disusunlah rancangan produk pengembangan pola latihan ball feeling bagi atlet futsal puteri dalam bentuk VCD.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan pola latihan ball feeling bagi atlet futsal puteri di klub futsal Puteri Kusuma Kota Batu yang diharapkan dapat menjadi media pembelajaraan bagi atlet untuk melakukan kegiatan latihan secara mandiri di luar jadwal latihan yang telah ditentukan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan melakukan observasi dan wawancara kepada pelatih dan atlet futsal Puteri Kusuma Kota Batu, (2) mengembangkan produk awal pola latihan ball feeling bagi atlet futsal putri dalam bentuk VCD, (3) validasi para ahli dengan kualifikasi 1 orang ahli kepelatihan futsal dan 1 orang ahli media, (4) revisi produk pertama, (5) uji coba kelompok kecil, (6) revisi produk kedua, (7) uji coba lapangan (kelompok besar) dengan mengujicobakan hasil revisi produk kedua, (8) revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari uji coba lapangan). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa presentase.

Hasil persentase yang didapat dari penelitian awal melalui observasi dan wawancara di Puteri Kusuma Kota Batu diperoleh data sebagai berikut: 100% setuju untuk diberikan pola latihan ball feeling, 73% atlet merasa latihan kurang bervariasi dengan hanya latihan fisik dan teknik dan 93% atlet merasa terbantu dengan adanya media VCD sebagai alat bantu latihan secara mandiri. Jadi kesimpulan dari persentase yang telah dipaparkan tersebut, atlet futsal di Puteri Kusuma Kota Batu menyatakan perlu untuk dikembangkannya pola latihan ball feeling bagi atlet futsal putri melalui media VCD.

Dari hasil analisis validasi kepelatihan futsal diperoleh hasil 82,14% dan ahli media 75% maka produk pengembangan pola latihan ball feeling bagi atlet futsal puteri dalam bentuk VCD untuk media latihan secara mandiri, layak digunakan sebagai media latihan secara mandiri di klub futsal Puteri Kusuma Kota Batu. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) dengan menggunakan 6 atlet diperoleh persentase 83,65%, dan pada uji lapangan (kelompok besar) dengan menggunakan 30 atlet diperoleh persentase sebesar 88,82% sehingga pengembangan pola latihan ball feeling bagi atlet futsal puteri dalam bentuk VCD untuk media latihan secara mandiri di klub futsal Puteri Kusuma Kota Batu dapat digunakan.