SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Luar Kelas Materi Penjelajahan Gunung Berupa Buku Saku untuk Siswa Kelas X SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung

Flady Makhmud Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Flady Makhmud. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Luar Kelas Materi Penjelajahan Gunung Berupa Buku Saku untuk Siswa Kelas X SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S. (II) Drs. Supriatna, M.Pd.

 

Kata Kunci: buku saku, penjelajahan gunung

 

Penelitian awal dilakukan pada 1 guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 30 siswa kelas X SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Pada penelitian awal melalui wawancara dan penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa belum pernah melaksanakan praktik penjelajahan dan belum ada media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pembelajaran materi penjelajahan gunung.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran pendidikan luar kelas materi penjelajahan gunung berupa buku saku untuk siswa kelas X SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Diharapkan, hasil pengembangan ini dapat membantu guru maupun siswa untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan luar kelas materi penjelajahan gunung.

Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Research and Development dari Borg dan Gall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan wawancara.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan ahli penjelajahan gunung dan ahli media pembelajaran yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Luar Kelas Materi Penjelajahan Gunung Berupa Buku Saku untuk Siswa Kelas X SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung” layak diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan subjek 10 siswa kelas X diperoleh persentase 84.30% dengan kriteria baik sekali. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok besar dengan subjek 30 siswa kelas X diperoleh persentase 81.43% dengan kriteria baik sekali. Maka “Pengembangan Media Pembelajarn Pendidikan Luar Kelas Materi Penjelajahan Gunung Berupa Buku Saku untuk Siswa Kelas X SMKN 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung” dapat digunakan.