SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLAVOLI UNTUK SISWA KELAS X SMK PUTRA INDONESIA MALANG

Alexandra Rezha Palevi

Abstrak


ABSTRAK

 

Palevi, Alexandra Rezha. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bawah Bolavoli untuk Siswa Kelas X SMK Putra Indonesia Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M. E. Winarno, M.Pd. (2) Dr. H. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran, teknik dasar passing bawah, bolavoli.

 

Salah satu ruang lingkup pelaksanaan pendidikan jasmani di kelas X SMK Putra Indonesia Malang yaitu permainan dan olahraga yang di dalamnya terdapat permainan bola besar yaitu passing bawah bolavoli. Dengan melakukan penelitian awal yang menggunakan analisis kebutuhan siswa dan wawancara guru pendidikan jasmani, peneliti dapat menyimpulkan bahwa diperlukan penelitian dengan mengembangkan  pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli yang dapat menjadikan siswa aktif, senang, dan tidak mudah jenuh.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran passing bawah bolavoli yang menarik dengan berbagai modifikasi permainan yang dilaksanakan untuk siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang, dan diharapkan siswa dapat meningkatkan semangat dan menguasai materi dalam pembelajaran passing bawah bolavoli.

Spesifikasi produk pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli ini terdiri dari enam model pembelajaran yaitu pembelajaran passing bawah dengan tembok, pembelajaran passing bawah dengan tembok ditandai sasaran, pembelajaran passing bawah ke keranjang, pembelajaran memanggil nama, pembelajaran passing bawah melewati net, pembelajaran permainan passing. Keseluruhan pembelajaran menarik untuk dilakukan siswa, pelaksanaan pembelajaran yang aman dan mudah. Selain itu, pembelajaran yang dikembangkan bervariasi dan bermanfaat bagi siswa.

Prosedur penelitian ini melalui berbagai tahap, antara lain: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan) dengan terhadap guru pendidikan jasmani dan angket kepada siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang.(2) perencanaan produk awal. (3) evaluasi ahli. (4) merevisi hasil uji coba produk awal (sesuai hasil evaluasi ahli). (5) uji coba kelompok kecil menggunakan 10 subyek. (6) uji coba kelompok besar menggunakan 30 subyek. (7) merevisi hasil uji coba kelompok besar berdasarkan hasil evaluasi ahli sekaligus menyempurnakan produk.

Dari evaluasi satu orang ahli pembelajaran dengan jumlah instrumen 36 pertanyaan diperoleh hasil 70,83% dengan kategori baik sedangkan dari evaluasi satu orang ahli permainan bolavoli dengan jumlah instrumen 36 pertanyaan diperoleh hasil 78,47% dengan kategori baik, oleh sebab itu pengembangan model pembelajaran passing bawah bolavoli ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran bolavoli di SMK Putra Indonesia Malang.

Dari uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa dengan jumlah instrumen 30 pertanyaan diperoleh hasil baik sekali sehingga model pembelajaran passing bawah dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran bolavoli di SMK Putra Indonesia Malang. Dari uji coba kelompok besar sebanyak 30 siswa dengan jumlah instrumen 30 pertanyaan diperoleh hasil baik sekali sehingga model pembelajaran passing bawah dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran bolavoli di SMK Putra Indonesia Malang.

Saran untuk guru pendidikan jasmani yakni lebih bervariasi dalam penyampaian materi dan penggunaan model pembelajaran sehingga menjadikan siswa senang dan aktif bergerak. Saran untuk penelitian lebih lanjut yaitu pembuatan pengembangan model pembelajaran lebih bervariasi, serta diuji keefektivitasnya agar produk lebih sempurna dan bermanfaat.