SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN DRIBBLE UNTUK KELOMPOK UMUR 11-12 TAHUN DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA DI SEKOLAH SEPAKBOLA PERSATUAN SEPAKBOLA HIZBUL WATONKECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI

Rifki Abdurrokhim

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdurrokhim, Rifki. 2013. Pengembangan Model Latihan Dribble untuk Kelompok Umur 11-12 tahun di SSB PSHW Genteng Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd. (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, latihan sepakbola, model latihan dribble.

 

Sepakbola adalah permainan tim yang terdiri dari sebelas pemain termasuk seorang penjaga gawang, yang dalam permainannya menggabungkan unsur dari kemampuan teknik individu untuk menghasilkan gol sebanyak-banyaknya. Berdasarkan hasil observasi selama pertandingan, pemain SSB PSHW banyak melakukan kesalahan dalam melakukan dribble seperti jarak bola dengan kaki yang terlalu jauh dan tidak mampu mengontrol arah bola, serta tidak adanya program latihan dribble di klub SSB PSHW Genteng.

Setelah dilakukan analisis kebutuhan, diperoleh data 65% siswa menyatakan bahwa kesulitan dalam melakukan dribbling (menggiring), 80% tidak pernah melakukan latihan dribbling, 75% menyatakan tidak pernah dilatih menggunakan buku model latihan.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan model latihan dribble di SSB PSHW Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. 

Prosedur penelitian ini menggunakan metode penelitian Borg and Gall”. Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian pengembangan. Rancangan Pengembangan ini digunakan untuk mengembangkan model latihan yang belum ada di SSB PSHW. Penelitian ini melalui beberapa tahap, antara lain: 1) evaluasi produk dari ahli sepakbola, 2) uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan kelompok besar, 3) tahap pengolahan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner  saat uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan kelompok besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SSB PSHW Genteng usia 11-12 tahun yang berjumlah 26 siswa.

Dari evaluasi ahli sepakbola dengan jumlah instrumen untuk ahli sepakbola sebanyak 40 butir pertanyaan diperoleh hasil 88.75%, sehingga produk dinyatakan layak untuk diuji cobakan pada kelompok kecil. Dari Uji kelompok kecil yang dilakukan oleh 6 siswa SSB PSHW Kabupaten Banyuwangi dengan jumlah instrumen untuk uji kelompok kecil sebanyak 40 butir pertanyaan diperoleh hasil 86,98%, sedangkan dari uji lapangan (kelompok besar) dengan jumlah instrumen sebanyak 40 butir pertanyaan yang dilakukan oleh 20 siswa SSB PSHW Kabupaten Banyuwangi diperoleh hasil 89,22%. Sehingga produk pengembangan model latihan dribble berupa buku pedoman latihan dinyatakan layak digunakan sebagai model latihan sepakbola untuk usia 11-12 tahun di SSB PSHW Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi.