SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Latihan Keterampilan Pukulan Dropshoot Forehand Dengan Menggunakan Teknik Latihan Bervariasi Pada Atlet Bulutangkis PB Nasional Kepanjen Kab. Malang.

GALIH RAMADHANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Galih. 2013. Meningkatkan Latihan Keterampilan Pukulan Dropshoot Forehand Dengan Menggunakan Teknik Latihan Bervariasi Pada Atlet Bulutangkis PB Nasional Kepanjen Kab. Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Meningkatkan, Keterampilan Pukulan Dropshoot Forehand, Teknik Latihan Bervariasi

 

Dalam permainan bulutangkis ada beberapa pukulan dasar yang harus di kuasai oleh atlet salah satunya pukulan dropshoot. Pukulan dropshoot dapat dilakukan dari atas kepala, samping badan. baik dengan backhand atau forehand tergantung dengan arah datangnya shuttlecock. Dalam penelitian, ini difokuskan pada teknik forehand dropshoot. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan dropshoot forehand pada atlet PB Nasional Kepanjen, Kabupaten Malang, belum optimal pada saat sikap tangan, posisi raket, perkenaan raket dengan shuttlecock, dan sikap akhir.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelatihan bulutangkis yang belum optimal yang diharapkan bisa meningkatkan keterampilan pukulan dropshoot forehand pada atlet PB Nasional Kepanjen, Kabupaten Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet PB Nasional Kepanjen, Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), tes dan analisis data.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa melalui teknik latihan bervariasi mampu meningkatkan keterampilan atlet dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan atlet dalam melakukan keterampilan dropshoot forehand setelah diberikan tindakan siklus 1 dan siklus 2 hasilnya, dari 8 (80%) atlet menjadi 10 (100%) atlet yang bisa melakukan gerakan sikap badan dengan benar. Dari 3 (30%) atlet menjadi 10 (100%) atlet yang bisa melakukan gerakan sikap tangan dengan benar. Dari 3 (30%) atlet menjadi 10 (100%) atlet yang bisa melakukan gerakan pada posisi raket dengan benar. Dari 2 (20%) atlet menjadi 8 (80%) yang bisa melakukan gerakan pada perkenaan shuttlecock dengan raket dengan benar. Dari 2 (20%) atlet menjadi 9 (90%) yang bisa melakukan gerakan pada sikap akhir dengan benar.

Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui pelatihan menggunakan teknik latihan bervariasi dapat meningkatkan keterampilan pukulan dropshoot forehand pada atlet PB Nasional Kepanjen, Kabupaten Malang.