SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Latihan Umpan Lempar Shuttlecock Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Bagi Peserta Klub PB Bima Tumpang

Muhammad Faiz

Abstrak


ABSTRAK

 

Faiz, Muhammad. 2013. Pengaruh Metode Latihan Umpan Lempar Shuttlecock Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Bagi Peserta Klub PB Bima Tumpang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes., (II) I Nengah Sudjana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: backhand lob overhead, olahraga bulutangkis, Tumpang.

 

Untuk terampil dalam permainan bulutangkis seorang atlet harus menguasai teknik-teknik dasar dalam bermain bulutangkis. Keterampilan teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis adalah yang paling sulit dilakukan, karena jenis pukulan ini dilakukan dari garis belakang ke garis belakang daerah lawan dengan cara melambungkan shuttlecock setinggi-tingginya dan diarahkan sejauh mungkin ke bagian belakang lapangan lawan. Untuk dapat menguasai teknik dasar atau keterampilan dasar bulutangkis yang baik tidak hanya mengandalkan bakat saja tapi latihan yang teratur dan program latihan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan umpan lempar shuttlecock terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis bagi peserta klub PB Bima Tumpang.

Dalam penelitian ini menggunakan rancangan Pra-eksperimental, subyek penelitian dipilih secara random (R) untuk menjadi kelompok penelitian. Selanjutnya dilakukan pengukuran prates lebih dahulu (O1) sebelum dikenai perlakuan, kemudian diberi perlakuan dengan memberi metode latihan umpan lempar shuttlecock (P). setelah diberi perlakuan, dilakukan pengukuran pascates (O2). Rancangan ini disebut the one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah atlet pemula di PB Bima Tumpang yang berjumlah 30 atlet.

Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan diketahui hasil tes awal (pra tes) dan tes akhir (pasca tes) keterampilan teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis bagi peserta klub PB Bima Tumpang diperoleh t hitung sebesar -27,107 dengan probabilitas = 0,000.

Tanda negatif t dapat diabaikan dan hanya mempertimbangkan nilai absolutnya. Besarnya derajat kebebasan yang berhubungan dengan nilai t tersebut adalah 29. Maka kriteria hasil uji beda signifikan dengan menolak hipotesis nihil (H0) dan menerima hipotesis penelitian. Hasil uji beda menunjukkan bahwa metode latihan umpan lempar shuttlecock berpengaruh nyata terhadap keterampilan teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis bagi peserta klub PB Bima Tumpang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan umpan lempar shuttlecock berpengaruh nyata terhadap peningkatan keterampilan teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis bagi peserta klub PB Bima Tumpang.Metode latihan umpan lempar shuttlecock perlu ditingkatkan dalam latihan karena dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis.