SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KINERJA SENAM LANTAI SIKAP KAYANG LANJUTAN BACKWALKOVER MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO

ANDRI RYAN ZASMITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Zasmita, Andri Ryan. 2013. Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Sikap Kayang Lanjutan Backwalkover Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 SMA Negeri 3 Probolinggo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Purnami, M.Pd, (II) Drs.Tatok Sugiarto S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Meningkatkan, Keterampilan Senam Lantai Sikap Kayang, Metode Bermain

 

Senam lantai sikap kayang adalah suatu bentuk sikap badan “terlentang” yang membusur, bertumpu pada kedua tangan dan kedua kaki dengan siku-siku dan lutut lurus. Sikap kayang adalah salah satu nomor dari senam lantai yang diajarkan di sekolah menengah atas. Pada siswa kelasXI IPS 1 SMA Negeri 3 Probolinggo tahun pelajaran 2013/ 2014 sebagian besar kemampuan melakukan sikap kayang masih kurang atau bahkan tidak bisa sama sekali. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan ketrampilan senam lantai sikap kayang siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Probolinggo belum optimal pada saat sikap awal, gerakan kayang, dan sikap akhir.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran senam lantai sikap kayang siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Probolinggo yang belum optimal dengan menggunakan metode bermain.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Probolinggo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dan tes.  

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui pendekatan bermain mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Hal ini bisa dilihat dari persentase keberhasilan siswa dalam melakukan senam lantai sikap kayang setelah diberikan tindakan dari siklus1 dan siklus 2 hasilnya, pada sikap awal dari 81,82% menjadi 100% pada siklus 1 dan menjadi 100% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik dan benar. Pada gerakan kayang, dari 18,18% menjadi 63,64% pada siklus 1 dan menjadi 90,91% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik dan benar. Pada sikap akhir dari 9,09% menjadi 22,73% pada siklus 1 dan menjadi 86,36% pada siklus 2 dilakukan siswa dengan kategori baik dan benar.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian metode bermain dapat meningkatkan kinerja senam lantai siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Probolinggo.