SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR TENTANG STANDAR KOMPETENSI "MEMPERAKTIKKAN BERBAGAI KETERAMPILAN PERMAINAN OLAHRAGA DALAM BENTUK SEDERHANA DAN NILAI - NILAI YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA", UNTUK KELAS X SEMESTER GASAL DI SMA NEGERI KALISAT.

ANGGA WAHYU SAPUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Angga Wahyu. 2011. Pengembangan Buku Ajar Tentang Standar Kompetensi “Mempraktikkan Berbagai Keterampilan Permainan Olahraga Dalam Bentuk Sederhana  dan Nilai-Nilai Yang Terkandung Di Dalamnya”, Untuk Kelas X Semester Gasal Di Sma Negeri Kalisat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto, M. S. (2) Drs. Mu’arifin, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

 

Buku Ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tentang standar kompetensi  “Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya” merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas X di SMA Negeri Kalisat untuk membantu proses pembelajaran. Buku ajar ini dikembangkan sesuai dengan Silabus yang terdapat pada SMA Negeri Kalisat. Sebelumnya guru pendidikan jasmani, kesehatan dan olahraga kelas X SMA Negeri Kalisat belum pernah mengajarkan model permainan pada pembelajaran permainan dalam olahraga yang dikemas secara sederhana. Sumber belajar yang sesuai dengan Silabus sangat dibutuhkan bagi SMA Negeri Kalisat karena diharapkan dari sumber belajar tersebut siswa terbantu dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan buku ajar tentang standar kompetensi “Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya”, dan sesuai dengan Silabus di SMA Negeri Kalisat.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada 1 orang guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMA Negeri Kalisat dan 7 orang perwakilan dari kelas X 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dan 4 ahli isi materi buku ajar, yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tentang standar kompetensi  “Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya” untuk kelas X semester gasal.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 7 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 35 orang siswa kelas X SMA Negeri Kalisat buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan,  diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pendidikan jasmani.