SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli (Modifikasi) Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar.

Agung Permana Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Agung Permana. 2013. Upaya Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli (Modifikasi) Menggunakan Metode Bermain pada Siswa Kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Purnami, M.Pd,  (II) dr. Moch. Yunus, M. Kes.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Efektifitas, Passing BawahBolavoli, Modifikasi, MetodeBermain

 

Bola voli merupakan salah satu materi pembelajaran Penjasorkes yang diajarkan di SD kelas IV.Berdasarkan KD kelas IV semester I yaitu “mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi,  serta nilai kerjasama regu, sportivitas, dan kejujuran”.Teknik passing bawah paling sering digunakan tetapi teknik ini masih sulit dilakukan dan dikuasai oleh siswa. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada pembelajaran Penjasorkes siswa kelas IV SDN Selopuro 05, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam melakukan passing  bawah pada permainan bola voli siswa mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran masih belum diaplikasikan secara baik sehingga siswa lebih banyak mendapatkan materi pelajaran yang bersifat teori dari pada praktek. Oleh karena itu perlu adanya metode untuk memberikan perubahan hasil belajar siswa yaitu dengan penerapan metode bermain dan bolavoli (modifikasi).

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bola voli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05.

Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar dengan subjek penelitian 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tahapan penelitian setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan passing bawah bolavoli (modifikasi) menggunakan metode bermain pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Dari pembelajaran yang telah dilaksanakan, diperoleh data persentase aspek psikomotor. Aspek psikomotor meliputi sikap badan, sikap kaki, sikap tangan, dan perkenaan bola.

Hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu pada pertemuan ke- 1 menunjukkan persentase aspek psikomotor, 49,57% benar pada teknik sikap badan, 52,14% benar pada teknik sikap kaki, 55,56% benar pada teknik sikap tangan, dan 47,86% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke- 2 menunjukkan persentase aspek psikomotor, 52,99% benar pada teknik sikap badan, 54,70% benar pada teknik sikap kaki, 58,12% benar pada teknik sikap tangan, dan 50,43% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke-3 menunjukkan persentase aspek psikomotor, 56,41% benar pada teknik sikap badan, 61,54% benar pada teknik sikap kaki, 64,96% benar pada teknik sikap tangan, dan 52,99% benar pada teknik perkenaan bola pada saat melakukan permainan passing bawah bolavoli.

Hasil belajar siswa pada siklus 2 yaitu pada pertemuan ke- 1 menunjukkan persentase aspek psikomotor, 71,79% benar pada teknik sikap badan, 73,50% benar pada teknik sikap kaki, 76,07% benar pada teknik sikap tangan, dan 63,38% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke- 2 menunjukkan persentase aspek psikomotor, 76,07% benar pada teknik sikap badan, 78,63% benar pada teknik sikap kaki, 80,34% benar pada teknik sikap tangan, dan 70,09% benar pada teknik perkenaan bola. Pada pertemuan ke-3 menunjukkan persentase aspek psikomotor, 80,34% benar pada teknik sikap badan, 82,05 % benar pada teknik sikap kaki, 84,62% benar pada teknik sikap tangan, dan 76,92% benar pada teknik perkenaan bola pada saat melakukan permainan passing bawah bolavoli.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain menggunakan bolavoli (modifikasi) dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli pada siswa kelas IV SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar.