SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Powerplay di Klub Futsal Payung Pusaka Pare Kabupaten Kediri

Teo Praditya Ardana Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Teo Praditya Ardana. 2013. Pengembangan Variasi Latihan Powerplay di Klub Futsal Payung Pusaka Pare Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eko Hariyanto, M. Pd (2) I Nengah Sudjana, S.Pd, M. Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, variasi, latihan powerplay futsal.

 

Futsal adalah permainan bola yang dilakukan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan dengan memanipulasi bola menggunakan kaki. Untuk dapat bermain futsal dengan baik, seorang pemain harus memiliki unsur-unsur kondisi fisik, teknik, taktik dan mental sehingga mempunyai dasar yang kuat dalam pencapaian prestasi

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan variasi latihan powerplay. Agar dalam permainan futsal lebih berkembang dengan adanya bentuk variasi latihan yang bervariasi dan menyenangkan.

Pengembangan variasi latihan powerplay futsal mengacu pada  pengembangan Reserch & Development dari Borg and Gall (1983:775) yang terdiri 10 model pengembangan tetapi tidak semua langkah yang digunakan melainkan hanya 7 langkah. Subjek uji coba dari pengembangan ini terdiri dari 1) tinjauan satu ahli futsal dan satu ahli media, 2) uji coba kelompok kecil adalah atlet futsal Payung Pusaka Pare Kabupaten Kediri yang diambil secara random sampling dengan jumlah 12 orang, dan 3) uji coba lapangan adalah atlet futsal Payung Pusaka Pare Kabupaten Kediri dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket evaluasi untuk ahli futsal, ahli media,dan atlet. Analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah persentase.

Hasil penelitian ini berupa Buku Panduan Pengembangan Variasi Latihan Powerplay di Klub futsal Payung pusaka, hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 80,14% dan dari uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 83,13%. Produk pengembangan Variasi Latihan Powerplay di Klub futsal Payung pusaka merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang di hadapi atlet dalam permainan futsal. Diharapkan dengan adanya pengembangan variasi latihan ini atlet tidak kesulitan menerapkan strategi powerplay dalam permainan futsal.

Untuk perbaikan pengembangan variasi latihan powerplay futsal ini disarankan agar perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain sesuai dengan pengembangan ini, dengan maksud untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada pengembangan ini, sehingga hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.