SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Komparatif Manajemen Klub Sepakbola Peringkat 1, 6 dan 12 di Kompetisi Divisi 1 PSSI Kota Malang Tahun 2012

Mokhammad Danny Permata Utomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Utomo, Mokhammad Danny Permata 2013. Studi Komparatif Manajemen Klub Sepakbola Peringkat 1, 6 dan 12 di Kompetisi Divisi 1  PSSI Kota Malang Tahun 2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Asim, M.Pd dan (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Komparatif, manajemen, sepakbola, peringkat.

 

Klub sepakbola diharapkan menjadi jalan keluar bagi anak-anak untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam bermain sepakbola sehingga kedepannya anak-anak tersebut dapat menjadi pemain sepakbola yang profesional. Begitu juga manajemen klub sepakbola yang juga patut diperhatikan demi tercapainnya tujuan klub tersebut, melihat dari observasi langsung yang telah dilakukan oleh peneliti di PS. Indonesia Muda Malang yang mengikuti kompetisi divisi 2 PSSI Kota Malang di tahun 2012 dan melihat dari kejadian langsung di lapangan sebagai bagian dari tim semenjak tahun 2005, bahwa manajemen dari klub tersebut dinilai masih kurang baik, yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, pengawasan. Dan dapat dilihat dari segi sarana dan prasarana seperti bola, cone, gawang mini, lapangan yang kurang baik, program jadwal latihan yang kurang, dan yang paling utama kurangnya sumber daya manusia, dll. Sehingga setiap  mengikuti kejuaraan lokal yang diadakan di Kota Malang sering kali tidak bisa menjuarainya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara manajemen Klub Sepakbola yang telah menduduki peringkat 1, 6 dan 12 di kompetisi divisi 1 PSSI Kota Malang tahun 2012.

Metode penelitian ini yang dipakai adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para pengurus yang ada di masing-masing klub diantarlain: ketua, wakil ketua, bendahara, sekertaris, pelatih, asisten pelatih, pelatih kiper dan salah satu pemain semuanya berjumlah 24 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup.

Hasil penelitian ini didasarkan pada deskriptif data kemudian menggunakan rumus persentase dan untuk mengetahui perbandingan hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis varian satu jalur (one-way anova) dengan menggunakan SPSS 17. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa manajemen klub yang menduduki peringkat pertama lebih baik dengan nilai manajemen klub sepakbola peringkat 1 di kompetisi divisi 1 PSSI Kota Malang adalah 81,45% yang berarti dinyatakan “sangat baik”. Dibandingkan dengan nilai manajemen klub sepakbola peringkat 6 di kompetisi divisi 1 PSSI Kota Malang adalah 80,59% yang berarti dinyatakan “baik”. Kemudian manajemen klub sepakbola peringkat 12 di kompetisi divisi 1 PSSI Kota Malang adalah 79,32% maka dinyatakan “baik”. Dan dengan membandingkan nilai manajemen klub rata-rata peringkat satu adalah 153,13, peringkat enam adalah 151,50 dan peringkat duabelas adalah 149,13 dan dapat disimpulkan bahwa manajemen klub yang menduduki peringkat satu lebih baik dari pada manajemen peringkat enam dan duabelas yang berarti terdapat perbedaan.