SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Materi Pembelajaran Renang Gaya Crawl dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu

GALUH HADI WIJAYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya, Galuh Hadi. 2013. Pengembangan Materi Pembelajaran Renang Gaya Crawl dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S., (II) Dra. Sulistyorini, M. Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, pembelajaran renang gaya crawl, multimedia, pembelajaran interaktif.

 

Materi renang sekarang sudah menjadi materi wajib pada mata pelajaran Penjasorkes di sekolah terutama di tingkat Sekolah Menengah Atas. Mengingat hal tersebut diharapkan guru dapat menguasai materi renang gaya crawl baik dari segi teori maupun praktik sehingga nantinya dapat menyajikan pembelajaran yang lebih baik, tepat dan bervariatif bagi siswa. Semakin variatif media pembelajaran yang digunakan guru maka semakin banyak peran siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah media pembelajaran yang berbasis komputer.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran renang gaya crawl dengan menggunakan multimedia interaktif untuk siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu, sehingga siswa dapat mempelajari materi renang gaya crawl dengan mudah.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan kemudian untuk rancangan penelitian peneliti mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg and Gall. Dari sepuluh langkah yang ada oleh peneliti dimodifikasi sesuai kebutuhan. Langkah-langkah yang diambil (1) Analisis kebutuhan dan observasi lapangan, (2) Pembuatan rancangan produk, (3) Produk awal yang selanjutnya dievaluasi oleh ahli pembelajaran, ahli media, pembimbing sebagai justifikator aspek renang dan melakukan revisi produk, (4) Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 8 subjek, (5) Revisi produk awal, (6) Uji coba kelompok besar dengan menggunakan 40 subjek dan melakukan revisi untuk penyempurnaan produk, (7) Produk akhir berupa multimedia interaktif yang dikemas dalam bentuk compact disk (CD).

Hasil pengembangan multimedia interaktif renang gaya crawl untuk siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu diperoleh data sebagai berikut: (1) uji ahli pembelajaran (100%), (2) ahli media (92%) dan (3) dosen pembimbing pada aspek renang (100%), (4) uji coba kelompok kecil (88,23%), dan (5) uji coba kelompok besar (79,64%), disimpulkan pembelajaran renang gaya crawl dengan menggunakan multimedia interaktif untuk siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu ini bermanfaat, menarik dan sesuai sebagai media pembelajaran pada materi renang gaya crawl. Sebagai upaya penyebarluasan produk yang telah dikembangkan ke sasaran yang lebih luas sebaiknya produk yang telah dikembangkan ini dievaluasi kembali kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.