SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Part-Whole Methods Dalam Bentuk Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pembelajaran Senam Lantai Guling Belakang Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Batu

FAJAR TRI HARTONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Hartono, Fajar Tri. 2013. Penerapan Part-Whole Methods Dalam Bentuk Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pembelajaran Senam Lantai Guling Belakang Kelas VII B SMP Negeri 1 Batu”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes, (II) Drs. Mardianto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Penerapan Part-Whole Methods, Bentuk Bermain, Meningkatkan, Keterampilan Senam Lantai Guling Belakang.

 

Senam lantai merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang diberlakukan pada Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan saat pembelajaran senam lantai guling belakang yang dilakukan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Batu, didapatkan hasil senam lantai guling belakang masih kurang optimal dari keempat teknik dasar yang diamati tingkat kegagalan pada sikap awal dengan jumlah persentase 54%, sikap tangan 64%, sikap tungkai 68%, sikap akhir 71%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain untuk menghindarkan siswa menjadi bosan, kurang semangat dan materi yang disampaikan dapat tercapai.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan senam lantai guling belakang pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Batu dengan penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Batu.

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa, sikap siswa, dan pengetahuan siswa, serta kinerja guru dan suasana akademik dari siklus ke siklus.

Hasil penelitian penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain untuk siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Batu setelah diberikan tindakan adalah sebagai berikut: 100% siswa yang mampu melakukan gerakan sikap awal dengan benar yaitu dengan posisi jongkok, kedua tangan lurus kedepan dan kaki sedikit rapat. 100% siswa yang mampu melakukan gerakan sikap tangan dengan benar yaitu kedua tangan di samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas. 93% siswa mampu melakukan gerakan sikap tungkai dengan benar yaitu ayunan tungkai ke belakang melewati kepala dan kedua tungkai dilipat sampai ujung kaki mendarat di atas matras. 89,6% siswa mampu melakukan gerakan sikap akhir dengan benar yaitu kembali ke posisi sikap jongkok dan kedua lengan di depan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain dapat meningkatkan keterampilan pembelajaran senam lantai guling belakang untuk siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Batu. Saran berdasarkan penelitian ini: guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan diharapkan lebih kreatif dan lebih bervariasi lagi dalam memberikan materi pembelajaran.