SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

upaya meningkatkan keterampilan teknik heading yang efektif dengan menggunakan media bola spon dalam materi pembelajaran sepak bola pada siswa kelas VI sdn 02 wonokromo kecamatan gondang kabupaten tulungagung

Aris Noviantoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Noviantoro, Aris. 2012. Upaya Meningkatkan Teknik Heading yang Efektif dengan Menggunakan Media Bola Spon dalam Pembelajaran Sepakbola pada Siswa Kelas VI SDN 02 Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nengah Sudjana, S. Pd, M. Pd, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata kunci: Keterampilan, Teknik Heading, Media Bola Spon

           

Pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang ada pada kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Pembelajaran di sekolah umunya belum berjalan semestinya jika dilihat dari indikator-indikator sepakbola yang ada. Salah satunya indikator yang ada pada materi heading, demikian pula yang terjadi pada Kelas VI Kriya SD Negeri 02 Wonokromo. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, salah satu di antaranya posisi dagu dan dada pada saat impact dengan bola belum diberlangsungkan dengan tepat.

Heading atau menyundul bola dengan kepala merupakan salah satu bagian dari teknik dasar dalam permainan sepak bola. Bila sundulan dapat dikuasai dengan baik, maka telah diperoleh kelebihan terhadap lawan. Bila pemain dapat dengan baik menempatkan atau mematikan bola dengan kepala, maka ini biasanya tidak dapat dicapai oleh pemain lawan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkam teknik heading dengan menggunakan media bola spon. Tujuan pemakaian bola spon ini supaya saat pembelajaran heading siswa tidak merasa takut. Penggunaan media bola spon merupakan bentuk pembelajaran pemecahan suatu bagian yang lebih kecil. Media bola spon sesuai untuk pelajaran teknik dasar, yaitu dari bagian hingga teknik keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani, yang mengajar di kelas VI SD Negeri 02 Wonokromo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI  SD Negeri 02 Wonokromo.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan  media bola spon terjadi peningkatan pada keterampilan heading siswa selama mengikuti pembelajaran sepakbola dari tiap siklus. Pada siklus 1 dari aspek posisi dagu dan dada saat impact dengan bola melakukan dengan benar sebesar 73,33% sedangkan yang melakukan kesalahan 26,67%. Hasil dari siklus 2 menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan heading bola dari masing-masing aspek diantaranya, dari aspek posisi dagu dan dada pada saat impact dengan bola yang melakukan dengan benar sebesar 86,66%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan media bola spon dapat meningkatkan pembelajaran teknik heading pada sepakbola pada siswa kelas VI SD Negeri 02 Wonokromo.