SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Servis Atas Bolavoli Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri 2 Malang

TRI PRASETYO CACUK WIBOWO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Tri Prasetyo Cacuk. 2013. Pengembangan Pembelajaran Servis Atas Bolavoli Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (2) Drs. Agus Tomi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, servis atas bolavoli, media pembelajaran, buku saku

 

Teknik servis atas bolavoli merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bolavoli yang wajib dikuasai oleh seorang pemain bolavoli. Servis atas bolavoli memiliki beberapa variasi teknik antara lain: (1) teknik Top Spin (bola berputar ke depan dalam), (2) teknik Back Spin (bola berputar ke belakang dalam), (3) teknik Inside Spin (putaran bola kearah dalam), (4) teknik Outside Spin (putaran bola ke arah luar), (5) teknik Floating (bola mengambang atau bola tenang dan tidak ada putaran). Teknik dasar servis atas bolavoli merupakan salah satu materi yang akan diterapkan untuk kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Malang.

Hasil dari analisis kebutuhan terhadap siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Malang menyatakan setuju jika buku saku pembelajaran teknik dasar servis atas bolavoli dibuat dan dikembangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran teknik dasar servis atas bolavoli dalam bentuk media buku saku untuk siswa-siswi pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan oleg Borg & Gall yang memiliki tahapan sebagai berikut: (1) penelitian awal (analisis kebutuhan) terhadap 32 siswa kegiatan ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 2 Malang. (2) perencanaan produk awal. (3) evaluasi ahli. (4) merevisi hasil uji coba produk awal (sesuai hasil evaluasi ahli). (5) uji coba kelompok kecil menggunakan 6 subyek. (6) uji coba kelompok besar menggunakan 30 subyek. (7) merevisi hasil uji coba kelompok besar berdasarkan hasil evaluasi ahli sekaligus menyempurnakan produk.

Dari hasil analisis validasi ahli media diperoleh hasil 71,63% dan ahli bolavoli diperoleh hasil 79,2% maka produk pengembangan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Malang. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh persentase sebesar 89%, dan pada uji lapangan (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 88,7% sehingga produk pengembangan dapat digunakan.

Berdasarkan hasil uji ahli dan uji lapangan dapat disimpukan bahwa pengembangan pembelajaran servis atas bolavoli ini memiliki kategori baik dan dapat digunakan untuk kegiatan belajar dan berlatih. Saran untuk guru pembina ekstrakurikuler yakni lebih bervariasi dalam penyampaian materi dan penggunaan model pembelajaran sehingga menjadikan siswa lebih aktif dan mudah dalam belajar. Saran untuk penelitian lebih lanjut yaitu pembuatan pengembangan model pembelajaran lebih bervariasi, serta diuji keefektivitasnya agar produk lebih sempurna dan bermanfaat.