SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA MELALUI BERMAIN MEDIA PADA KELAS X TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Muhammad Aliefariyan Diastara

Abstrak


ABSTRAK

 

Diastara, Muhammad Aliefariyan. 2013. Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Teknik Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara Melalui Bermain Media Pada Kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Drs. Agus Tomi, M.Pd, (II) Drs. Supriatna, M.Pd.

 

Kata Kunci: Keterampilan Pembelajaran Teknik Lompat Jauh, Bermain Media

 

Salah satu  materi pendidikan jasmani yang terdapat dalam SK dan KD semester II di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah atletik lompat jauh. Materi ini meliputi lompat jauh gaya berjalan di udara yang terdiri atas gerakan awalan, gerakan tumpuan, gerakan melayang di udara, dan gerakan pendaratan. Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran lompat jauh gaya berjalan di udara telah diperoleh temuan bahwa keterampilan pembelajaran teknik lompat jauh gaya berjalan di udara masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh metode mengajar guru yang masih monoton dan kurang bervariatif. Terlihat dari keterampilan siswa dalam melakukan teknik awalan, teknik tumpuan, teknik melayang di udara, dan teknik pendaratan masih belum sempurnah. Selain itu juga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya metode baru untuk memberikan perubahan hasil belajar siswa yaitu melalui bermain media (boks kayu, matras mini, dan gawang paralon).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran teknik lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang melalui bermain media (boks kayu, matras mini, dan gawang paralon).

Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang dengan subjek penelitian 44 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tahapan penelitian setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya berjalan di udara mengalami peningkatan setelah diberikan pendekatan bermain media. Hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu pada pertemuan pertama dengan penerapan permainan lompat boks, rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 51,72%. Pada pertemuan kedua dengan penerapan permainan lompat kijang, rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 55,10%. Pada pertemuan ketiga dengan penerapan permainan kompetisi cone, rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 51,7%. Hasil belajar siswa pada siklus 2 yaitu pada pertemuan pertama dengan penerapan permainan rintangan maju mundur, rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 60,79%. Pada pertemuan kedua dengan penerapan permainan engklek, rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 73,86%. Pada pertemuan ketiga dengan penerapan permainan sentuh gawang, rata-rata hasil keterampilan siswa adalah 90,91%.

Berdasarkan hasil temuan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui bermain  media dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya berjalan di udara kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang.