SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF RENANG BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

Dimas Dwicahya Nandana

Abstrak


ABSTRAK

 

Nandana, Dimas Dwicahya. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Renang bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd, (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia interaktif, Renang

 

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti terhadap dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang  pembina matakuliah praktek renang I dan II diperoleh data bahwa 5% mahasiswa masih kesulitan dalam penguasaan teknik gaya. 85% menyatakan belum pernah menggunakan multimedia interaktif renang sebagai sumber belajar. Sedangkan analisis kebutuhan menggunakan kuesioner terhadap 30 mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan menyatakan bahwa 65% mahasiswa menggunakan media dalam pembelajaran, 95% menyatakan bahwa membutuhkan multimedia interaktif renang menggunakan multimedia interaktif dalam memberikan materi, dan keempat dosen menyatakan setuju untuk dibuatnya multimedia interaktif renang

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sumber belajar bagi mahasiswa dan dosen khususnya dan masyarakat luas pada umumnya dengan materi multimedia interaktif renang bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Malang.

Produk pengembangan multimedia interaktif renang yang dihasilkan, antara lain: (1) terdapat buku panduan penggunaan produk, (2) berisikan beberapa materi-materi tentang renang, (3) terdapat video-video teknik serta perlombaan tentang renang, (4) produk menggunakan program software komputer Adobe Flash Professional CS5, (5) produk dikemas menggunakan bentuk CD (Compact Disk).

Metode yang digunakan penelitian ini adalah pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi lebih sederhana yaitu: (1) pengumpulan informasi,  (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli,(4) revisi I, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Berdasarkan tinjauan 1 (satu) ahli media diperoleh persentase 98,33% , sedangakan 1 (satu) ahli renang diperoleh persentase 90%. Dari hasil  uji coba tahap I (kelompok kecil) dengan jumlah 40 mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan diperoleh persentase dengan rata-rata 82,26%. Dari uji coba tahap II (kelompok besar) dengan jumlah 80 mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Fakultas Ilmu Keolahragaan diperoleh persentase dengan rata-rata 84,2%.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa,produk multimedia interaktif renang ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi dosen maupun mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan di Universitas Negeri Malang.