SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

survei seleksi atlet senior di klub bolavoli petrokimia gresik

ENGGAR MEIDAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Meidawati, Enggar. 2012. Survei Seleksi Atlet Senior di Klub Bolavoli Petrokimia Gresik (Gresik Phonska). Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M. E. Winarno, M. Pd., (2) Drs. H. Mahmud Yunus M. Kes

 

Kata kunci: Survei, Seleksi, Bolavoli, Petrokimia gresik.

Pada saat ini bolavoli merupakan gabungan dari elemen-elemen penting yang saling tumpang tindih, tetapi interaksi dari gabungan tersebut menghasilkan permainan yang unik. Klub bolavoli Petrokimia Gresik (Gresik Phonska) adalah salah satu klub bolavoli yang ada dikota Gresik, yang resmi didirikan  pada tanggal 10 Juli 1979 dan menjadi otoritas tertinggi di kabupaten Gresik, sehingga mempunyai otoritas untuk mewakili kabupaten Gresik pada kompetisi atau turnamen resmi. Dalam kompetisi atau turnamen dibutuhkan atlet yang berprestasi yang sudah di seleksi oleh klub. Kegiatan seleksi atlet, penilaian dilakukan terhadap beberapa variabel yaitu: Faktor fisik dan Faktor ketrampilan.

Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan survei. Ditinjau dari tujuan penelitian, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif  karena menggambarkan secara obyektif subyek yang diteliti . Sesuai dengan judul penelitian, maka instrumen yang digunakan berupa instrumen non tes berbentuk  angket/kuesioner. Penggunaan teknik ini untuk mempermudah pengumpulan data dengan harapan data yang diperoleh lebih lengkap. Selain itu teknik angket dipilih karena dipandang cukup efisien dan praktis.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor fisik menjadi prioritas dalam proses penerimaan atlet. Dalam hal ini standar minimal tinggi pemain klub Bolavoli Petrokimia Gresik (Gresik Phonska) yaitu 170 cm. Selain itu faktor lain yang menjadi pertimbangan selain tinggi badan yaitu, kelentukan. Untuk faktor keterampilan diketahui bahwa faktor keterampilan menitikberatkan pada teknik dasar passing. Seorang atlet harus bisa melakukan passing, karena passing merupakan modal utama dalam bermain bolavoli.

Berdasarkan kenyataan tersebut, diharapkan klub bolavoli petrokimia gresik (gresik phonska) bisa lebih selektif lagi dalam proses seleksi atlet yang nantinya akan menghasilkan atlet yang lebih profesional dan lebih berprestasi lagi. In this case a high minimum standard volleyball club players (Gresik Phonska) is 170 cm.