SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pola latihan dribbling sepakbola untuk kelompok umur 14-15 tahun di sekolah sepakbola (SSB) Gajayana Kota Malang

jeffry andi mochtar

Abstrak


ABSTRAK

 

Mochtar, Jeffry Andi. 2013. Pengembangan Pola Latihan Dribbling Sepakbola Untuk Kelompok Umur 14-15 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Gajayana Kota Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: pengembangan, pola latihan dribbling sepakbola

Permainan sepakbola tidak hanya memerlukan keahlian melakukan passing dan shooting yang baik tetapi pemain juga harus mempunyai teknik dribbling yang baik juga. Tetapi seringkali pelatih kurang memberikan variasi latihan dribbling sehingga kemampuan dribbling pemain kurang baik. Oleh sebab itu, perlu adanya variasi pola-pola latihan dribbling agar semakin banyak variasi tentang latihan dribbling.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pola latihan dribbling sepakbola untuk kelompok umur 14-15 tahun di sekolah sepakbola (SSB) Gajayana Kota Malang yang dapat memberikan banyak variasi dalam melakukan dribbling, sehingga dribbling siswa lebih baik dan memudahkan siswa dalam mengecoh lawan dalam permainannya.

Peneliti menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi pola yang lebih sederhana yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan memberikan instrumen analisis kebutuhan kepada siswa dan pelatih di SSB Gajayana; (2) pembuatan rancangan produk awal video pola latihan dribbling sepakbola untuk kelompok umur 14-15 tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Gajayana Kota Malang, (3) evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 orang ahli media, 2 orang ahli sepakbola, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan (kelompok besar) dengan menguji cobakan hasil revisi produk awal; (7) revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari dan uji coba lapangan); (8) hasil akhir produk pengembangan.

Berdasarkan hasil tinjauan para ahli, terdapat beberapa revisi terhadap rancangan produk yang telah dikembangkan, yaitu: (1) hasil evaluasi ahli media adalah faktor-faktor filmis belum optimal seperti dalam video gerak/teknik dribbling, desain cover CD perlu disempurnakan lagi (2) hasil evaluasi ahli sepakbola adalah perlu ditunjukan perkenaan bola dengan kaki, variasi bentuk latihan harus lebih variatif.

Hasil persentase uji coba kelompok kecil adalah 88,44%, dan hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 87,63%. Hasil persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan dan dinyatakan layak untuk dijadikan video pola latihan dribbling sepakbola untuk siswa SSB Gajayana kelompok umur 14-15 tahun Kota Malang. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan ini.