SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Dengan Menggunakan Metode Bermain Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bogo Kidul Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri

Zico Aji Dewantara

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Dewantara, Zico Aji. 2013. Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Dengan Menggunakan Metode Bermain Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bogo Kidul Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mu’arifin, M.Pd, (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: meningkatkan, efektivitas pembelajaran tolak peluru, pendekatan bermain

 

Olahraga Tolak Peluru adalah salah satu nomor lomba dalam atletik yang menggunakan sebuah peluru yang berbentuk bundar terbuat dari besi, yang ditolakkan. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa efektivitas pembelajaran tolak peluru masih belum optimal. Banyak siswa yang kurang aktif, kurang senang, kurang tekun serta kemampuan psikomotor siswa yang sangat kurang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan psikomotor siswa dalam efektivitas pembelajaran tolak peluru di kelas V SD Negeri Bogo Kidul Kecamatan pelemahan Kabupaten Kediri yang belum optimal dengan menggunakan pendekatan bermain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan metode bermain. Melalui permainan ini, siswa melakukan gerak dasar tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat pembelajaran teknik dasar tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri Bogo Kidul Kecamatan pelemahan Kabupaten Kediri belum menunjukkan keefektivan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran tolak peluru di kelas V mengalami peningkatan setelah diberikan metode bermain.

Presentase hasil belajar siswa adalah sebagai berikut: (1). Terdapat 20 siswa (51%) yang sudah benar melakukan awalan tolak peluru dalam mengikuti pembelajaran, 19 siswa (49%) belum benar. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 terdapat 25 siswa (65%) yang sudah benar melakukan awalan, 14 siswa (35%) belum benar. Kemudian pada siklus 2 terdapat 32 siswa (82%) yang sudah benar melakukan awalan, 7 siswa (18%) belum benar. Presentase dari indikator awalan diperoleh dengan menjumlah hasil skor yang diperoleh dari indikator awalan kemudian dibagi dengan hasil perkalian antara jumlah siswa dan lima deskriptor dari indikator awalan kemudian dikali 100%. (2). Terdapat 15 Siswa (38%) yang sudah benar melakukan tolakan dalam mengikuti pembelajaran, 24 siswa (62%) belum benar. Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus 1 terdapat 21 siswa (55%) sudah benar melakukan tolakan, 18 siswa (45%) belum benar. Kemudian pada siklus 2 terdapat 29 siswa (76%) sudah benar melakukan tolakan, 10 siswa (24%) belum benar. Presentase dari indikator saat melakukan tolakan diperoleh dengan menjumlah hasil skor yang diperoleh dari indikator saat melakukan tolakan kemudian dibagi dengan hasil perkalian antara jumlah siswa dan lima deskriptor dari indikator saat melakukan tolakan kemudian dikali 100% (3). Terdapat 18 siswa (46%) sudah benar melakukan akhiran tolak peluru dalam mengikuti pembelajaran, 21 siswa (54%) belum benar. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 terdapat 22 siswa (57%) sudah benar melakukan akhiran, 17 siswa (43%) belum benar. Sedangkan  pada siklus 2 terdapat 30 siswa (77%) sudah benar melakukan akhiran, 9 siswa (33%) belum benar. Presentase dari indikator akhiran diperoleh dengan menjumlah hasil skor yang diperoleh dari indikator akhiran kemudian dibagi dengan hasil perkalian antara jumlah siswa dan lima deskriptor dari indikator akhiran kemudian dikali 100%.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan pemberian pendekatan bermain dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran tolak peluru di kelas V SD Negeri Bogo Kidul Kecamatan Pelemahan Kabupaten Kediri.