SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR ATLETIK LOMPAT, LONCAT, DAN LEMPAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN DI SD ISLAM AL KAUTSAR PONGGOK BLITAR

harianto .

Abstrak


ABSTRAK

 

Harianto. 2013. Penerapan Pendekatan Permainan Untuk Meningkatkan KeaktifanSiswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Atletik lompat, loncat, dan lemparKelas IV SDIT Al Kautsar Kebonduren Ponggok Blitar. Skripsi. JurusanPendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan.Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Lokananta Teguh, H. W,M.Kes, (II) Drs. Heru Widijoto, M.S.

 

Kata Kunci: keaktifan pembelajaran gerak dasar atletik, peningkatan, permainan

Salah  satu    materi  pendidikan  jasmani  yang  terdapat  dalam  SK  dan  KDsemester II di Sekolah dasar kelas IV adalah gerak dasar atletik. Di dalam materi inimeliputi gerak dasar  lompat,  loncat, dan  lempar. Berdasarkan hasil observasi  dalampembelajaran  gerak  dasar  atletik  yang  dilakukan  telah  diperoleh  temuan  bahwakeaktifan  siswa  (aktif,  tekun,  dan  enjoy)  masih  kurang,  ketekunan  siswa  belumterlihat maksimal, dan siswa kurang merasa senang dengan pembelajaran gerak dasaratletik lompat, loncat, dan lempar.

Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk meningkatkan keaktifan  siswa dalampembelajaran gerak dasar atletik yaitu  lompat,  loncat, dan  lempar di kelas  IV SDITAl  Kautsar  Kecamatan  Ponggok  Kabupaten  Blitar  menggunakan  pendekatanpermainan.  Instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,dokumentasi, dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian  yang digunakan dalam penelitian  ini adalah PenelitianTindakan  Kelas  (PTK),  melalui  empat  tahap  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,pangamatan,  dan  refleksi.  Perbaikan  pembelajaran  dalam  PTK  ini  menggunakan permainan,  “melempari  anak  burung”  untuk  gerak  dasar  lempar,  permainan“memindahkan  telur”  untuk  gerak  dasar  lompat,  permainan  “loncat  angka”  untukgerak  dasar  loncat.  Tujuan  penerapan  pendekatan  permainan  ini  adalah  agar  siswakelas  IV  SDIT  Al  Kautsar  lebih  meningkat  keaktifanya  untuk  bergerak  pada  saatpembelajaran  gerak  dasar  atletik. Dalam  penelitian  ini, melibatkan  peneliti  sebagaiguru dan dua orang guru sejawat pendidikan jasmani di sekolah tersebut yang secarakolaborasi menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan.

Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  keaktifan  siswa  dalampembelajaran gerak dasar atletik  lompat,  loncat, dan  lempar mengalami peningkatansetelah  diberikan  pendekatan  permainan.  Dari  tingkat  aktif  37,93%  pada  siklus  1meningkat menjadi 59,48% siklus 2 menjadi 80,98%, tingkat ketekunan dari 34,48%pada  siklus  1 meningkat menjadi  68,10%  siklus  2 menjadi  83,19%  ,  tingkat  enjoysiswa dari 41,38%  pada  siklus 1 meningkat menjadi 65,11% pada  siklus 2 menjadi90,08% .

Berdasarkan  hasil  temuan  pada  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwapendekatan  permainan  dapat  meningkatkan  keaktifan  siswa  dalam  pembelajarangerak dasar atletik lompat, loncat, dan lempar kelas IV SDIT Al Kautsar KecamatanPonggok Kabupaten Blitar.